BREAKING NEWS
Search

FLNKS : MSG Milik Bangsa Malanesia

Foto : Viktor Tutugoro Mantang Ketua MSG (2013-2015)
Jakarta, (KM)---Sebelum menyerahkan Ketua Melanesian Sperhead Group periode 2013 - 2015, Victor Tutugoro dalam pidato telah menyatakan dukungannya untuk Papua Barat tawaran untuk  keanggotaan MSG.

"Di masa lalu, FLNKS memberikan dukungan kepada warga Palestina dan orang-orang dari Afrika Selatan," kata Victor Tutugoro. "Aku akan terus mendukung Papua Barat, berdasarkan atas solidaritas antara bangsa-bangsa Melanesia."

Tutugoro mengtakan perwakilan FLNKS kepada Kepulauan Solomon: "Papua Barat adalah agenda MSG hari ini, di sini di Honiara pada tahun 2015, karena FLNKS warga Papua Barat memberikan status khusus di tahun 2013. Pada waktu itu, tak seorang pun ingin mengundang mereka, tak seorang pun ingin melihat mereka, tapi FLNKS mengundang mereka."
 
Lajut dia, juga akan mendorong pemimpin anggota MSG lain terhadap mengubah status saat ini Indonesia sebagai pengamat di MSG.

"FLNKS tidak mendukung gagasan ini," katanya. "Untuk FLNKS, MSG adalah sebuah organisasi negara-negara di Melanesia. Seperti yang saya lihat, Indonesia bukan merupakan bagian dari blok Melanesia. "

"MSG harus tetap bagi bangsa-bangsa Melanesia. Ada negara-negara lain dari Tahiti dan Tonga yang ingin bekerja sama dengan kami. Namun ada Forum Kepulauan Pasifik atau Forum pengembangan Kepulauan Pasifik yang bisa memainkan peran itu bukan dari MSG."

Papua Barat kesatuan penting

Tutugoro mengatakan kepada empat negara anggota MSG bahwa Papua Barat berdiri ditentukan oleh FLNKS' status sebagai gerakan politik dan kebijakan lama solidaritas antar masyarakat. Saya mewakili FLNKS, (katanya).

"Kami bukan sebuah negara yang berdaulat, yang memiliki hubungan dagang dan pertanyaan kedaulatan antara mereka. Saya mewakili sebuah gerakan politik yang tidak terikat oleh bantuan dan hubungan perdagangan.

"Saya berjuang untuk hak asasi manusia di negara saya sendiri dan saya berjuang untuk solidaritas antara bangsa terutama orang-orang Melanesia. Tentu saja setelah itu, ada pertanyaan kedaulatan. Tapi hari ini, kita berbicara tentang hak asasi manusia, tentang orang-orang yang terbunuh, martabat budaya yang berada di bawah ancaman. Kejora yang mereka mengklaim adalah hak-hak yang universal. (tambahnya),(Marinus Gobai/KM).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “FLNKS : MSG Milik Bangsa Malanesia