BREAKING NEWS
Search

Unik Ekitna Satwa Bertelur Mamalia Asal Dari Papua

Foto : Ekitna Satwa Bertelur dari Papua (D.Parer dan E.Parer Doc).
Jakarta (KM)-- Ekitna satwa yang memiliki tubuh berdurih spesies baru se keluarga dengan landak itu ditemukan di Papua oleh para peneliti, D.Parer dan E.Parer-Parer dirilis Senin, (13 Juli 2015) di website:www.mongobay.co.id).
Ekidna adalah hewan nokturnal, yang aktif pada malam hari, dan memiliki sifat hidup yang menyendiri (soliter). Meskipun memiliki duri seperti landak, tetapi ekidna bukan termasuk kelompok landak.
Mongobay merilis caranya mencari makan adalah dengan menggaruk-garukkan tangannya ke batang pohon atau gundukan tanah untuk menemukan makanan favoritnya, yaitu rayap. Tapi tidak sebatas itu saja keunikan satwa dari Papua ini ekidna meskipun termasuk mamalia, tetapi satwa ini bertelur. Untuk info selengkapnya lihat disini http://www.mongabay.co.id/2015/07/13/ekidna-si-mamalia-bertelur-satwa-asli-dari-papua/

Sejauh ini terdapat empat spesies ekidna yang dikenal, yaitu ekidna moncong pendek dari genus Tachyglossus dan tiga spesies ekidna moncong panjang (dari lima spesies) genus Zaglossus yang hingga kini masih bertahan hidup. Terdapat satu genus ekidna lagi yakni Megalibgwilia, namun genus dengan dua spesies ini sudah lama punah. Tampilan spesies ini hanya dapat dikenali dari profil fosil yang ditemukan.
Sebaran ekidna adalah di pulau Papua (Papua dan Papua Niugini) serta Australia. Ekidna yang berasal dari pulau Papua ini tidak terlalu banyak diketahui, padahal satwa ini adalah asli dari tanah air bumi Cendrawasih, (tulisnya).(Admin).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Unik Ekitna Satwa Bertelur Mamalia Asal Dari Papua