BREAKING NEWS
Search

Di Timika: Polisi Hadang Massa Aksi Damai Dukung ULMWP Full Member di MSG



Saat massa ujuk rasa damai, bernegosiasi dengan pihak kepolisian di gorong-gorong Jl. Freepot Lama, Rabu, (13/07/2016). (Foto : Venus/KM)


Timika, (KM) Ribuan Massa aksi damai   yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika dan Parlemen Rakyat  Daerah Mimika (PRDM)  di tiga titik utama, yakni Pasar Gorong-gorong  Jl.Freeport Lama , Bundaran Timika Indah, dan Pasar SP II, untuk mendukung United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) untuk menjadi Full Member di Melanesian Spearhead Group (MSG)  dihadang oleh Gabungan TNI/Polri dari Pukul 9.00 hingga Pukul 11.25  waktu setempat.

Dalam aksi dukung ULMWP,  massa ujuk rasa damai sesuai rutenya, long march  dari ketiga titik kumpul  menuju Kantor DPR  Jl. Sp2 Petrosea Timika.

Pantauan www.kabarmapegaa.com di lapangan  di bagian muara Pasar  Gorong-gorong , Jl.Freeport  Lama Aparat Gambungan TNI/POLRI Polres Mimika yang di pimpin langsung oleh Waka Takamully, Kasat Intelkam Tony Puya dan Kabag Ops bersama Anggotanya  mengambil ketegasan bahwa tidak akan menyampaikan aspirasi oleh pendukung ULMWP, dengan alasan, karena  mengganggu kedaulatan Negara republik indonesia (NKRI) dan mengganggu aktifitas masyarakat.

Alasan kepolisian menghadang massa aksi damai, “Di Kantor DPRD Mimika tidak ada anggota DPR di sana, para anggota DPR sudah lari dan sembunyi semua terkait dengan aksi KNPB  Yang rencananya akan pergi kesana,”  Kata Pimpinan Kasat Intelkan Tony Poya, Rabu, (13/07/2016)

Kata Poya, Dalam pesan ini ia juga menyampaikan bahwa DPRD Kabupaten Mimika sudah sepakat dan tidak akan menerima Aspirasi Knpb Dan mereka telah pergi kosongkan kantor DPR dan saya baru koordinasi dari pihak DPR.

Kemudian, pernyataan tolak masa aksi juga datang dari kepolisian saat menghadapi  ribuan masa di lapangan yang tidak mau menyebutkan nama dan jabatannya.

“Kalau  mau menyampaikan orasi-orasi politik dan ibadah syukuran untuk ULMWP masuk ke keanggotaan penuh, silakan kalian bikin dari sekretariat KNPB, jangan disini,” tegas Polisi tidak menyebutkan  nama dan jabatan.

Pernyataan Polisi ditanggapi langsung oleh salah satu orator, untuk memberikan mereka ruang demokrasi untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada publik.

“Kami turun aksi secara damai, tidak membuat keributan dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat, jadi tidak boleh larang kami aksi disini,” teriak salah satu orator di lapangan. 

Sementara itu, infomarsi terakhir yang diterima oleh media ini, dikabarkan bahwa dalam aksi tersebut sekitar 124 orang ujuk rasa Damai diamankan  oleh  gabungan TNI/PolriI, SAPOL PP,BRIMOB dan Dinas Perhubungan diarahakan ke kantor Polsek Timika. 

Kemudian, satu hari sebelum massa aksi  damai dilakaukan, pada hari Selasa, (12/07) terjadi penangkapan  terhadap rakyat papua sekitar, 69 orang, diantaranya 18 wanita aktivis KNPB. Sampai saat ini masih tahan Kantor Tahanan Brimob  Mile 32 kuala kencana.

Data sementara yang dihimpun oleh media ini, terkait penakapan dan pembubaran paksa terhadap massa aksi damai rakyat papua yang dimediasi KNPB dan PRD Wilayah Timika diantaranya:  Di Bundaran Timika Indah  sebanyak  54 orang pada Pukul  10:00 waktu setempat dibawa ke Mako Brimob Detasemen B Mil 32.

Kemudian Titik ke kedua dari arah SP 12,SP 13,SP 7, SP 9, Jayanti, Enamko, SP 3, Jalur Lima, Kwamki Lama, Jikomako, Yileale, Bengklap dan SP 2. Massa ujuk rasa kembali diamankan oleh Polisi menggunakan  4 truk, 2 Pick up, dan ada lagi yang sedang jalan kaki menuju ke mil 32. Jumlah penangkapan 124 orang.

Dalam penangkapan brutal itu, Ketua I KNPB Wilayah Timika, Yanto Awerhyon bersama Sekretaris Umum KNPB, Sem Ukago ikut tertangkap di Jl. SP2 setelah menyebrang jembatang kali selamat datang dari arah kuala, tepat pukul  05:00 subuh waktu Papua pada hari Selasa (12/07/2016) kemarin. 

Jumlah kasaran dari semua yang ditahan ada 124 orang  dan saat ini masih sedang di Interogasi di Tahanan Mako Brimob Detasemen B. Mil 32.

Pewarta : Venus/Alfrid
Editor    : Manfred Kudiai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Di Timika: Polisi Hadang Massa Aksi Damai Dukung ULMWP Full Member di MSG