BREAKING NEWS
Search

Ratusan Masyarakat Paniai Demo Kemanusian, Pajabat Paniai Tidak Ada


 
Solidaritas Masyarakat Paniai demo Kemanusian di Depan Kantor DPRD Madii  Paniai, (26/10/2016), (Foto: Yanfit/KM)
Paniai, (KM)--- Aksi damai Lanjutan  tim peduli pemerhati kemanusian yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Paniai (SMAP) menggelar aksi damai menuntut pemerintah Negara Indonesia melalui Kabupaten paniai segera menyelesaikan kasus pembunuhan secara misterius yang terjadi sejak dulu sampai tahun 2016  di kabupaten Paniai.

Penanggung jawab Aksi damai, Habel Nawipa, kepada media ini (26/10/2016), menurutnya kami sudah aksi demo hari senin kemarin, namun pejabat paniai Bupati dan Ketua DPRD dan jajarannya belum ada di paniai aksi hari ini juga demikan, semua pejabat belum ada yang menerima aspirasi kami.

Kata dia, aksi damai  kami lanjut sampai tuntutan rakyat paniai di terima oleh Bupati dan ketua DPRD Paniai, nampaknya haripun belum ada waja mereka, tapi kami masyarakat paniai tetap aksi dan memohon para pejabat segera kembali ke paniai untuk melihat persoalan yang terjadi dengan serius. Jangan hanya keluar kota,”tegasnya

“Kasus demi kasus di paniai, demi keadilan dan demokrasi  belum diselesaikan secara hukum Indonesia maka, kami juga desak masalah paniai harus diselesaikan secara Hukum Internasional demi selamatkan generasi yang tersisa,“ucap Habel.

Dia juga meminta DPRD dan Bupati, Kapolres, Dandim, segerah  Tuntaskas Kasus Paniai ini. Jangan biarkan menjamur, semua elemen  Toko adat, toko Gereja, Toko Pemuda, Toko Perempuan dan Toko Intelektual melihat hal ini dengan serius demi kemanusian," pungkasnya.

Kordinator aksi Anton Gobay, dalam orasinya paniai daerah penuh dengan masalah kemanusian sejak  para misionaris masuk dan Indonesia menduduki  wilayah ini banyak terjadi masalah kemanusian.

Menurutnya “masalah-masalah dipaniai seperti operasi militer, maraknya penyebaran ilmu hitam (jin, ilmu santet, ilmu gaib, penyamun, ilmu Meeno/Tubakaga/Aakaga,) pembiaran penyebaran penyakit Spillis, TBC, dan HIV/AIDS, MIRAS, togel dan Prostitusi sehingga orang Mee tidak ada harapan hidup di atas tanahnya sendiri,” ucap Anton.

Anton juga minta Negara dalam hal bupati Paniai Hengki Kayame, Sh, dan  Ketua DPRD Paniai segera usut tuntas sebelum generasi penerus paniai  lain meninggal dunia. Puluhan kasus kemanusian belum tuntas di Paniai termasuk empat bersaudara  tiga meninggal dalam satu malam dan satu masih berobat.


Jika pemerintah kabuaten tidak menerima aspirasi maka masyarakat paniai sepakat untuk palang kantor bupati dan kantor DPRD, sampai aspirasi di jawab oleh Pemerintah dan Dprd Paniai. ungkap salah satu orasi dari keluarga korban.

Pewarta: Andy Ogobay



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ratusan Masyarakat Paniai Demo Kemanusian, Pajabat Paniai Tidak Ada