BREAKING NEWS
Search

Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat; Pemprov Papua Minta Dukungan Pemda

Masyarakat Dogiyai Mengikui Kegiatan Pelatihan dari Pemerintah Provinsi Papua  Melalui Balai Bina UKM Provinsi Papua
di Kampung Mauwa, Kecamatan Kamuu, Dogiya, Jumat, (11/11/16).
(Foto: Agustinus Keiya/KM)
Dogiyai (KM)--- Demi meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya Usaha Kecil Menegah (UKM), Pemerintah Provinsi Papua melalui Balai Bina UKM meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dogiyai agar mendukung UKM yang ada di daerah, terlebih kepada UKM Kopi.

“Kami sangat mengharapkan perhatihan penuh pemerintah daerah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dogiyai khususnya petani kopi”

Hal itu dikatakan kepala Bina UKM provinsi papua, Zaiful Bakri, dihadapan wartawan ketika diwawancarai, usai menutup acara pelatihan manajemen UKM, di Kampung Mauwa, Kecematan Kamu, Jumat (11/11/2016) Kemarin.

Ia menjelaskan, peralatan mesin pencercah biji kopi dan peralatan lainnya, terlebih dahulu disiapkan pemerintah daerah sedangkan kekurangan lainnya pemerintah provinsi siap membantu.

Bakri juga mengharapkan, “Dinas PERINDAKOP dan SKPD terkait lainnya lebih banyak mengkoordinasi dengan pemerintah daerah Dogiyai, Agar taraf hidup masyarakat meningkat secara baik.

Dalam pelatihan yang di falisitasi oleh dinas PERINDAKOP, Kepala Bina UKM Provinsi Papua menyerahkan 1 unit mesin pengolahan kopi.

Sementara itu, Kepala Dinas PERINDAKOP Kabupaten Dogiyai, Andreas Gobai, mengatakan, perluhnya mendorong pengembangan taraf hidup masyarakat, SKPD terkait di daerah saling bersinergi dan bekerja sama demi mendukung motto Gubernur Papua, Lukas Enembe, Papua Bangkit,Mandiri dan Sejahtera.

“Kegiatan ini akan dimulai dari kampung mauwa, bangkit melalui kegiatan pelatihan manajemen bagi pelaku UKM ini,”bebernya.

Lebih jelas, laki-laki penduli masyarakat ini, menyatakan, tempat kegiatan pelatihan sengaja dipilih di kampung Mauwa, harapanya agar kampung mauwa, menjadi percontohan bagi UKM yang ada di 79 kampung dan 10 kecematan yang ada di Dogiyai.

Pasalnya, kampung mauwa berada pada letak strategis yang sangat cocok bagi pelaku UKM, dan dekat dengan keramaian kota.

Mesin yang akan diberikan Pemprov melalui kepala bina UKM itu, nantinya akan di teruskan kepada UKM berpotensi produktif,” tuturnya.

“Kami terus dukung dan motivasi yang diberikan,  kami percaya bahwa usai kegiatan-kegiatan ini, masyarakat akan berbuat sesuatu,”tutupnya.

Pewarata     : Agustinus Keiya
Editor          : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat; Pemprov Papua Minta Dukungan Pemda