BREAKING NEWS
Search

PM SAMOA: Penderitaan Papua Barat Tidak Dilupakan

Foto : PM Samoa Tuilaepa Sa'ilele Malielegaoi

Jakarta,(KM)---Perdana Menteri, Tuilaepa Sa'ilele Malielegaoi, telah yakin bahwa penderitaan orang Papua Barat tidak  dilupakan.

Dan dia telah berjanji bahwa Samoa akan mempertimbangkan masalah secara menyeluruh dan memberikan dukungan yang tepat.

Komentar dari Perdana Menteri mengikuti pertemuan antara dia dan Sekretaris Jenderal dari gerakan pembebasan perjuangan untuk Papua Barat, Octovianus Mote, pada hari minggu (14/6/2015).

Kunjungan Tuan Mote adalah untuk mencari dukungan dari Negara Samoa untuk kampanye Kemerdekaan Papua Barat. Ia juga mendorong untuk Papua Barat menjadi anggota kelompok ujung tombak Melanesia (M.S.G.) serta Forum Pulau Pasifik (P.I.F.).

Minta komentar, Perdana Menteri Tuilaepa mengatakan minggu pertama kalinya Papua Barat telah mencari dukungan di Samoa.

"Mereka datang kepada saya sebagai seorang pemimpin Forum Pulau Pasifik yang mengusulkan untuk misi untuk melihat penyalahgunaan hak asasi manusia di Papua Barat," kata Tuilaepa.

"Mereka juga berkeliling di Kepulauan Pasifik untuk meminta dukungan dari pemimpin Forum Pulau Pasifik lainnya.

"Ini adalah pertama kalinya mereka telah datang kepada kami karena mereka terutama berfokus pada orang Melanesia".

Tuilaepa kata Samoa akan mempertimbangkan semua faktor dalam hal sebelum membuat keputusan akhir.

Tuan Mote, yang tinggal di pengasingan  Amerika Serikat, di mana ia bertemu dengan raja Tupou V dan Perdana Menteri Tonga' Akilisi Pohiva. Ia memperoleh dukungan penuh mereka.

Menurut Oktovianus Mote, ketika Papua Barat merdeka pada tahun 1961, Samoa adalah salah satu dari sedikit negara diwakili pada perayaan. Samoa juga memainkan peran besar dalam mengambil Kekristenan ke pantainya.

"Mengapa aku di sini untuk alasan utama adalah karena Papua Barat di bawah ancaman hari ini," katanya kepada pengamat Samoa. Tuan Mote mengatakan bahwa populasi, yang dulunya 1,5 juta, sekarang ada  hanya 48 persen dari itu dan sudah, umat-Nya minoritas di tanah kami.

Lanjut Sekjen ULMWP pada tahun 2020, penduduk akan kurang dari 23 persen.

"Artinya lima tahun dari sekarang, kita akan kehilangan segala sesuatu. Kita perlu untuk menghentikan ini karena Indonesia adalah benar-benar mempercepat kolonisasi kami". (Marinus Gobai/Samoaobservers/KM).


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PM SAMOA: Penderitaan Papua Barat Tidak Dilupakan