BREAKING NEWS
Search

Menjadi Presider PT. Freeport Diharapakan Jangan Asal Tunjuk-Menunjuk


Tambang PT. Freeport Indonesia. (Foto: Ist)
 Jayapura, (KM)---Sekertaris Jendral (Sekjen) Tim Pemberdayaan Tujuh Suku PT. Freeport, Manase Degei, menegaskan, menjadi Presiden Direktur (Presider) PT. Freeport bagi Orang Asli Papua (OAP) bisa saja. Namun, diharapkan jangan asal tunjuk-menunjuk.


“jadi jangan asal tunjuk-menunjuk. Tetapi, perlu dilihat bagaimana kita bisa menjawab kebutuhan Freeport Indonesia  melalui suatu kajian atau satu usaha yang rill yang bisa diterima oleh PT. Freeport,”kata Sekjen Tim Pemberdayaan Tujuh Suku, Menase Degei, Kepada kabarmapegaa.com, Kamis, (31/03/16). 


Menurutnya, siapa saja bisa melakukan tunjuk menunjuk agar naik menjadi Presider untuk pimpin perusahaan besar, PT. Freeport. Tetapi, mengertikah sistem kerja Freeport, bisakah bertanggungjawab kebutuhan Freeport, sejarah dan masyarakat lokal yang ada,”tanya Sekjen itu.


“tidak boleh asal tunjuk menunjuk. Tetapi, perlu dikaji untuk menguji materinya, apakah dia siapa untuk pimpin perusahaan besar atau tidak,”katanya. 


Karena menurutunya, di dalam perusahaan, terdapat tim-tim, diantaranya tim PAD, Tim Tongoit, Tim Bladerhut dan kerjanya bukan. untuk Bisnis Unit (BU).  Sementara, tim Pemberdayaan kerjanya untuk Bisnis Unit (BU),”jelasnya.


Lanjutnya, jika memang dilakukan pengangkatan Presider Freeport OAP melalui jalur tunjuk-menunjuk, berarti hal ini bukan diangkat secara sah,”bebernya


“jika, memang begitu, akan ditanyakan, apakah mereka bisa membuat program kerja  secara kreatif yang dapat menguntungkan perusahaan dan masyararakat lokal kah tidak,”ungkapnya.


Jika tidak, lebih baik tidak usah diangkat menjadi Presider PT. Freeport. Malah merugikan perusahaan, Negara dan masyarakat lokal,”harapnya.


Sementara itu, Anggota Pemberdayaan Tujuh Suku Freeport Indonesia, Yulianus Nawipa, mengatakan, Pemerintah bisa saja melakukan pengangkat agar naik menjadi 01 Freeport. Tetapi, perlu juga melihat, apakah bisa menguntungkan perusahaan sebagai pemiliki saham, Negara serta rakyat Papua atau tidak,”katanya.


“kalau main tunjuk-menunjuk bisa saja dilakukan agar naik menjadi Presider PT. Freeport,”jelasnya.


Tetapi, perlu melihat, apakah yang naik menjadi 01 Freeport, bisa merancang program kerja yang dapat menjawab kebutuhan Perusahaan atau tidak. Hal ini perlu dilihat,”bebernya.


(Alexander Gobai/KM)



  




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Menjadi Presider PT. Freeport Diharapakan Jangan Asal Tunjuk-Menunjuk