BREAKING NEWS
Search

Aparat Keamanan Diminta Tak Boleh Siksa Penangkapan Masa Aksi KNPB di Lapangan Brimob

Ribuan Masa aksi Rakyat Papua yang Dimonitori KNPB di Jayapura Ditangkap oleh Gabungan Aparat Keamanan (Foto: Yosafat Mai Muyapa/KM)
Jayapura, (KM)---Dalam rangka mendukung United Liberation Movemenet For West Papua (ULMWP)  masuk sebagai anggota Melanesia spreehear Group (MSG) di Vanuatu, Ribuan aktivis Papua yang dimonotori Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap di Lapangan Brimob,  Abepura, Jayapura, Papua, pada pukul 12.10 Waktu Papua.

“kami meminta kepada aparat keamanan yang diutus Kepala Daerah Papua (Kapolda) papua agar tak boleh sika, pukul dan tidak boleh lakukan apapun terhadap aktivis yang ditangkap dan malam ini juga harus dikeluarkan”

Demikian dikatakan, Kepala Suku Meepago Kota Jayapura, Rufus Muyapa, Kepada kabarmapegga.com, Senin, (02/05/16).

Menurutnya, surat untuk lakukan aksi dalam mengukung ULMWP for MSG pada tanggal 02 Mei 2016 di Jayapura pasti  sudah diberikan. Sebatas, Kopolda tidak mengizinka wajar-wajar saja. Kita sudah tahu dan sudah baca di media sebelum diselenggarakan aksi.

“aksi itu kan, rakyat Papua punya hak untuk mengungkap aspirasi tentang kondisi tanah Papua dan tidak ada saling membatasi antara satu dengan yang lainya. Apalagi sampai terjadi penangkapan dan penyiksaan terhadap masa aksi,”katanya.

Lanjutnya, mengapa DPRP Provinis Papua, DPRD kota Madya dan MRP Papua tidak hadir dalam menyelesaikan persoalan itu di depan muka umum disaat masa aksi ditanggak,”kata dia dengan sesal.

“saya pikir tugas mereka (DPRP, DPRD kota Madya dan MRP Papua) tugas seperti itu jadi. Mereka harus bijak dalam menangani masalah kemanusiaan,”tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahassiwa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (Wakil Ketua BEM USTJ), Papua, Malvin Yobe, mengatakan, aparat tidak sewajarnya melakukan pengkapan dan meyiksa masa aksi yang mendukug ULMWP for MSG di Vanuatu. Itu hak  rakyat bangsa Papua dalam menentukan pembebasan bangsa Papua.

“Aparat dong harus belajar kembali  tentang keadilan dan demokrasi di atas bangsa  Indonesia. Jangan hanya asal tangkap. Kalau begitu, mereka sudah perkosa UUD yang dibuat sendiri,”tutupnya.

(Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


1 thought on “Aparat Keamanan Diminta Tak Boleh Siksa Penangkapan Masa Aksi KNPB di Lapangan Brimob

    1. Sudsh tangksp dan siksa KNPB.Kenapa Kenapa turukan berita ini karena sudah apsrat keamanan dudah siksa KNPB

      ReplyDelete