BREAKING NEWS
Search

DPRP Sesal Aksi KNPB Tidak di Tempat Rakyat

Kehadiran Anggota Dewan Rakyat Papua (DPRP) Saat Aksi KNPB di Peturan Taksi, Perumnas III, Waena.
(Foto: Dok KM)


Jayapura, (KM)----Rakyat Papua yang di mediasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) turun jalan dalam rangka mendukung United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) agar Papua masuk sebaga anggota penuh di Melanesian Spearhead Group (MSG) dan aksi ini sebagai ungkapan secara resmi membebaskan Tahanan Politik (Tapol) yang di Papua.


Aksi itu berlangsung pada Selasa, (31/05/16) di Putaran Taksi Perumnas III, Waena, Jayapura Papua. Aksi dimulai pada pukul 09.00-05.25 Waktu Papua.


Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Provinsi Papua menyesal dengan aksi KNPB yang tidak pada tempatnya, yakni Kantor Dewan di DPRP, Jayapura.

“Kami menyesal mengapa aksi ini dilakukan di tempat ini. Ini bukan tempat rakyat untuk mengeluarkan aspirasi rakyat. Bekali-kali pihaknya menyatakan kepada Polda Papua sejak aksi KNPB pada 2 Mei 2016 yang masa aksi KNPB  ditahan di Mako Brimob Abepura, bahwa Mako Brimob bukan tempat rakyat. Mereka mengutus kami duduk di DPRP untuk menerima tiap aspirasi rakyat termasuk kelompok KNPB,”kata Salah Anggota DPRP, Komisi I, Laurenzus Kadepa di hadapan Masa Aksi.


Kata dia, hal yang perlu diketahui bersama bahwa, DPRP lalu beda dengan  DPRP sekarang. DPRP sekarang tidak diskriminatif. Siapapun entah dari mana pun dia kami siap terima aspirasinya.


“Karena  pihak kepolisian  telah menunjukan sikap diskriminasi terhadap persoalan di Papua. Maka, kami pihak tidak akan menerima aksi KNPB di rumah rakyat, DPRP,”ungkapnya dengan sesal.


Sementara itu, Kapolres Kota Jayapura, AKBP Jeremias Rontini mengatakan, ratusan personel polisi telah kami terjunkan untuk menghalau aksi kelompok berlainan ideologi itu. Aparat yang dikerahkan gabungan dari personel Polres Kota Jayapura dan Polda Papua, termasuk pasukan Brimob. 


Dari Polresta 600 personel, di-back up Polda Papua sebanyak 200 personel termasuk Brimob," kata Kapolresta


(Alexander Gobai/KM)







nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “DPRP Sesal Aksi KNPB Tidak di Tempat Rakyat