BREAKING NEWS
Search

KNPB Sikapi Pelanggaran HAM di Papua

Sekertaris Umum KNPB Pusat, Ones Suhuniap Memberikan Keterangan Pers. (Foto: Mawel/Jubi.com)

Jayapura, (KM)---Komite Nasional Papua Barat (KNPB) beserta beberapa Pimpinan Organisasi yang ada di tanah Papua menyikapi kunjungan Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukan) Republik Indonesia (RI), Luhut Binsar Pandjaitan yang rencana ke Papua dengan tujuan menyikapi penyelesaian pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua.

Hal ini tidak sesuai dengan mekanisme penyelesaian masalah Pelanggaran Ham yang seharusnya ditangani oleh Komanas Ham RI sebagai lembaga yang mempunyai tugas dan wewenang untuk menyelesaikan kasus pelanggaran Ham,”Kata Sekertaris Umum KNPB Pusat, Ones Suhuniap, Kamis, (09/06/16) dari Kantor ELSHAM Papua, Padang Bulan, Jayapura.

Ia menuturkan, Tim yang terbentukan itu hanya merupakan upaya menggagalkan diplomasi United Liberation Mevement for West Papua (ULMWP) dan menghambat Tim Pencari Fakta di Pasifik Island Forum (PIF).

Menurutnya, berbicara proses penyelesaian pelanggaran Ham di Papua berarti bagimana mendata semua kasus entah di bidang sipil, politik, maupun di bidang ekonomi, sosial dan budaya mulai sejak tahun 1963 hingga saat ini, bukan hanya 14 kasus yang dipilih itu.

“Sehingga dari proses pembentukan tim ini terlihat sangat tertutup dan tidak melibatkan seluruh aktivis dan lembaga-lembaga Ham yang serius dan mempunyai kapasitas mengawal semua kasus pelanggaran Ham di Papua hal ini membuat pelaku-pelaku Ham di Papua sangat bertambah dan menghabiskan OAP,”katanya. 

“Sebab penyelesaian masalah Ham tidak sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”katanya.

Kata Ones lagi, maka tim penyelesian pelanggaran Ham di Papua yang dibentukan oleh Menkopolhukam hanya menghindari pernyataan masyarakat Internasional dalam melaksanakan universal periodik review di dewan Ham PBB dan juga untuk mengalihkan opini dan menghindari pernyataan negara-negara yang tergabung dalam Pasifik Island Forum (PIF) yang menegaskan tentang Tim Pencari fakta Pelanggaran HAM untuk Papua sesuai Mekanisme Hukum Internasional. 

Sementara itu, Sekretaris Forum Independen Mahasiswa (FIM) Tenius Kogoya, membenarkan yang dikatakan ones, bawah yang lebih mengejutkan dan menghina suara korban adalah ada pihak yang diduga pelaku yang terlibat dalam sejumlah kasus di Papua seperti KAPOLDA Papua dan PANGDAM TNI ikut terlibat dalam Tim untuk menyelesaikan Pelanggaran HAM di Papua.

“Hal ini sesuatu yang tidak masuk akal, menghina dan sangat membodohi serta mencederai semua lembaga-lembaga yang konsen menyelesaikan kasus-kasus Pelanggaran HAM Papua selama ini,”tegas Kogoya

Pewarta    :  Daniel Hagimuni

Editor        : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KNPB Sikapi Pelanggaran HAM di Papua