BREAKING NEWS
Search

HUT ke-45 Proklamasi West Papua, Upacara Pengibaran Bendera ‘BK’ berlangsung di Yogya

Mahasiswa Papua di Yogyakarta  saat upacara pengibaran  Sang Bintang Kejora (Foto: Ist/KM)

Yogyakarta, (KM) - Pelajar dan mahasiswa Papua di Yogyakarta dikoordinir oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite kota, Hari ini, Jumat (1/7/2016), menggelar perayaan peringatan peristiwa pembacaan teks proklamasi dalam bentuk upacara pengibaran Sang Bintang Kejora di halaman Asrama Kamasan I Papua.

1 Juli  adalah hari bersejarah bagi Orang Papua, hari ini  diperingati  sebagai hari proklamasi kemerdekaan West Papua. Proklamasi tersebut dibacakan di Markas Victoria, Desa Waris, Jayapura, pada 1971 lalu.

Ketua AMP komite kota Yogyakarta, Abi Douw, menyatakan  “Hari ini, Jumat (1/7/2016), genap 45 tahun Brigadir Jenderal Zeth Jafeth Rumkorem membacakan teks proklamasi negara West Papua dari Markas Victoria,” jelasnya

Abi jug menegaskan, pemberian keleluasaan bagi rakyat Papua untuk menentukan nasibnya sendiri adalah solusi paling demokratis untuk rakyat Papua hari ini.

“Pelanggaran HAM, kemiskinan, eksploitasi dan eksplorasi dan berbagai bentuk ketimpangan pembangunan dalam kuasa penjajah adalah akibat-akibat yang ditimbulkan dari aneksasi West Papua oleh NKRI,” tegas Abi.

Kemudian, Pelajar dan mahasiswa Papua di Yogyakarta dikoordinir oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite kota tersebut melangsungkan upacar pengibaran bendera sang bintang Kejora yang belangung di halaman Asrama Kamasan I,  Jln. Kusumanegara, Yogyakarta.

Lalu, dalam upacara tersebut, instrumen musik lagu kebangsaan “Hai Tanahku Papua” pun terdengar. Lalu, teks proklamasi kemerdekaan Papua pun dibacakan.

Teks Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat 
Kepada seluruh rakyat Papua, dari Numbai sampai ke Merauke, dari Sorong sampai ke Balim (Pegunungan Bintang) dan dari Biak sampai ke Pulau Adi. Dengan pertolongan dan berkat Tuhan, kami memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumumkan pada anda sekalian bahwa pada hari ini, 1 Juli 1971, tanah dan rakyat Papua telah diproklamasikan menjadi bebas dan merdeka (de facto dan de jure). Semoga Tuhan beserta kita, dan semoga dunia menjadi maklum, bahwa merupakan kehendak yang sejati dari rakyat Papua untuk bebas dan merdeka di tanah air mereka sendiri dengan ini telah dipenuhi. 

Victoria, 1 Juli 1971
Atas nama rakyat dan pemerintah Papua Barat,
Seth Jafet Rumkorem (Brigadir-Jenderal)

Sementara itu, panatuan media ini, akhir dari upacara ini, mereka tutup dengan mengheningkan cipta; lalu, peserta upacara berkumpul di bawah Bintang Kejora di tiang bambu untuk bersama mendengar pembacaan pernyataan sikap bersama, dibacakan oleh ketua AMP komite kota Yogyakarta, Abi Douw.

Dalam peryataan bersama, AMP juga menyatakan tiga point yang menjadi tuntutan:

Pertama: berikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua.

Kedua: tutup semua perusahaan multi national coorporation, seperti Freeport, BP, LNG, Medco, Corindo dan mega proyek MIFEE.

Ketiga: tarik semua militer (TNI/Polri) organik mapun non organik dari seluruh Tanah Papua.

Setelah pembacaan pernytaan sikap mereka melanjutkan dengan  mimbar bebas. Setiap peserta satu per-satu menyampaikan penegasannya bahwa Papua harus lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) demi menyelamatkan hidup bangsa Papua di atas tanah air Papua; peserta melanjutkan kegiatan dengan bernyanyi dan menari. 

Sebagai bentuk dukungan dan kebulatan tekad mereka untuk mendukung dan akan turut berpartisipasi aktif dalam upaya-upaya menuju Papua merdeka Mereka juga mengadakan  tanda tangan di atas kain putih.

Pewarta: Manfred Kudiai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “HUT ke-45 Proklamasi West Papua, Upacara Pengibaran Bendera ‘BK’ berlangsung di Yogya