BREAKING NEWS
Search

KPU Dogiyai Serahkan Berkas Calon Bup dan Wabup Via Independen Usai Bimtek ke PPS


Usai Bimbingan Teknik   Tata Cara Verifikasi Factual Di  Tingkat PPS Serta Penyerahan Dokumen Dukungan Perseorangan Kek  PPS Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Dogiyai Tahun 20!7 Via Jalur Independen. (Foto: Yan Yuaya Goo/KM)
Dogiyai,(KM)-- Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Dogiyai Provinsi Papua telah menyerahkan berkas calon  Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai tahun 2017 jalur Independen via bimbingan teknik kepada 6 distrik dan 53 kampung untuk verifikasi faktual di lapangan kepada Panitia Pemugutan Suara (PPS), Senin (22/8/2016 ) di aula KPU Dogiyai, Papua

Ketua Pokja KPU  Independen Andreas Tibakoto mengatakan, proses penyerahan ini bukan sebatas seremoni belaka. Namun sesuai dengan amanat pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

“Agar selanjutnya secara bertahap dan terstruktur untuk diserahkan secara langsung kepada PPS,” kata Andreas Tibakoto saat membuka sambutan dalam acara tersebut.

Menurutnya,  persebaran jumlah dukungan yang telah diserahkan oleh calon  independen tersebar di 6 Distrik dan 53 kampung di Dogiyai.

“Jadi,sudah memenuhi atau lebih dari 50 persen distrik  yang ada di Dogiyai,” kata Andreas Tibakoto.

Sementara itu, Ketua KPU Dogiyai  Matias Butu,S.Ip mengatakan, setelah penyerahan ini dengan bimbingn teknik, PPS akan melakukan verifikasi faktual di tingkat kampung  masing-masing dalam berkas dukungan calon independen .

“kita dalam waktu berjalan tanggal 6 september 2016 serahkan ke Panitia Pemilihan Distrik (PPD) juga melakukan verifikasi faktual ke KPU kabupaten juga akan verifikasi Vaktual , sudah selesai melakukan verifikasi faktual,”harap Butu

Matias Butu menjelaskan, verifikasi yang dilakukan yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap nama dan KTP pendukung dari 6 distrik dan53 Kampung di Dogiyai

“Dan berdasarkan data yang kami terima, jumlah dukungan yang paling sedikit ada salah satu contoh di kampung sebanyak 200 dukungan lebih akan pastikan PPS dan yang paling banyak ada di Kampung Ikrar, Distrik Utara sebanyak 200 dukungan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, PPS harus berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan baik, terutama kepada panitia pengawas pemilu dalam hal verifikasi faktual ini.

“Dengan komunikasi yang baik, proses verifikasi faktual bisa berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, puluhan PPS maupun PPD yang ada menghadiri kegiatan penyerahan tersebut yang juga disaksikan oleh 5 komisioner KPU Dogiyai dan Sekertaris KPU serta semua staf KPU Dogiyai,"cakapnya

“Independen  sudah ambil KTP  namun di lapangan jangan ada konflik  pada saat verifikasi, dan  dilapangan tidak ada manipulasi  suara,”tegas Ketua KPU  kabupaten Dogiyai.

Sementara  itu ketua PPS Oktopianus Goo mengatakan mandat dari lembaga KPU ke Pantia Pengumutan Suara (PPS) di lapangan kami  akan  menjalankan  verifikasi sesuai dengan peraturan yang ditetapkan sesusi dengan bimtek yang diterima.

"kami tidak bisa tambah dan tidak bisa kurang di lapangan, kami akan bawah sesuai dengan hasil  pemilihannya dari  rakyat itu sendiri," tutur Goo dari kampung Tuaida, distrik kamuu selatan itu

Dia, menambahkan kami tetap turun rumah kerumah masyarakat kampung tuaida memastikan atas kebenaran dan kejujuran dari masyarakat,'pungkasnya
  
Pewarta: Yan Yuaiya Goo

Editor:Yunus Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KPU Dogiyai Serahkan Berkas Calon Bup dan Wabup Via Independen Usai Bimtek ke PPS