BREAKING NEWS
Search

SD Negeri Bogiyateugi Sangat Membutuhkan Perhatian Pemda Dogiyai

Gedung Sekolag Dasar (SD) Negeri  Bogiyateugi erletak di Distrik Kamuu Selatan, DogiyaiPapua.
Foto: Yan Yuayo Goo

Dogiyai (KM)--Kepalah Sekolah (SD) Negeri Bogiyateugi Enias Anou,S.Pd.K meminta  kepada  pemerintah kabupaten  Dogiyai segera turun lapangan untuk melihat kondisi pembangunan gedung. Karena gedung sekolahnya sangat memperhatingkan.  Terletak di Distrik Kamuu Selatan, Dogiyai, Papua.

"Pembangunan gedung sekolah  SD Negei kami pihak sekolah meminnta prioritaskan dalam di tahun ini ataupun tahun berikut,” kata Kepala sekolah Enias Anou,S.Pd.K ketika jumpa pers Sabtu, (24/9/2016) di ruang kerjanya.

Menurutnya sekolah kami buka sejak Tahun 2008-2016  saat ini, selama ini kami belum pernah mendapatkan penambahan ruang kelas ataupun perumahan guru.

Untuk itu, kami  meminta pemda setempat segera melihat Gedung Sekolah ini. Apakah layak gunakan untuk mengajar atau tidak. Karena selama ini kami mengalami kurangnya gedung kelas akhirnnya kegiatan belajar mengajar pun tidak berjalan normal.

"Namun, bisa berjalan dengan bagus kami  membutuhkan gedung baru untuk kelancaran proses kegiatan belajar  mengajar untuk kedepan, supaya kami mengajar dan mendidik generasi kedepan ini di tempat yang kondusif,"kata Enias

Kepala sekolah  itu menjelaskan, sebelumnya gedung  yang di bagun dari  pemda hanya tiga ruang kelas sesuai dengan kapasitas siswa setempat. Kemudian, sampai saat ini siswa SD Negeri Bogiyateugi jumlah cukup banyak.

"Jujur kami terpaksa mengajar selama ini karena tiga kelas 1,2,3 belajar di ruang I, kemudian kelas 4,5 belajar di ruang II,sedangkan kelas 6 belajar di rung III,” ucapnya

Hal yang  senada juga,  salah satu guru honorer Devid Bouya mengatakan,sepertinya pembangunan gedung sekolah, dan perumahan guru selama  ini di daerah terpencil tidak serius diperhatikan setiap tahun  oleh pemda  setempat

David bouya memaparkan,  selama ini  kami melihat perkembangan pembangunan  gedung sekolah  pinggiran kota dan daerah terpencil sangat berbeda jauh sepertinya Mapia dan kamuu. Pembangunan gedung sekolahnya yang  sangat   bagus dan memiliki banyak ruangan kelas.

Namun, sayangnya banyak ruang kelas yang dimiliki  begitu tidak pake tinggal begitu saja dan menjadi sarang semut di kelas. Sementara kami di daerah terpencil sangat membutuhkan penambahan ruangan kelas dan renovasinnya,"beber David

Sementara itu, salah satu Tokoh Masyarakat Albert Pugiye mengatakan, kami  masyarakat sangat mendung kepada kepala SD sekolah  bogiyateugi  sedang berjuang penambahan ruang kelas dan perumahan guru demi mendidik  anak-anak  dari 4 (empat)  kampung diantara, Kampung Bogiyateugi, Kampung Makidimi, Tiyoweta dan Obaiya yang terletak Distrik Kamuu Selatan bagian Ogeiye.

Jadi, selama ini kami masyarakat melihat dengan mata kepala bahwa mereka belajar dengan tiga ruang kelas saja,” tegasnya

Pewarta : Yan Yuaiya Goo
Editor  :  Yunus  E Gobai




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “SD Negeri Bogiyateugi Sangat Membutuhkan Perhatian Pemda Dogiyai