BREAKING NEWS
Search

SMK YPPGI Yehezkiel Dumupa Idakebo Lepaskan 40 Siswa Ikut Prakerin ke Dinas

Saat pelepasan 40 siswa SMK YPPGI Yehezkiel Dumupa, untuk  ikut Prakerin ke Dinas a. (Foto: Anselmus/KM)
 Dogiyai (KM) -Sekolah Menengah Kejuruan  Yayasan Persekolahan Pendidikan Gereja Injili di Tanah Papua (SMK YPPGI Yehezkiel Dumupa) Idakebo Kecamatan Kamuu Utara Kabupaten Dogiyai, Senin (19/09) pagi tadi, melepaskan sedikitnya 40  siswa ikut Praktek Kerja Industri (Prakerin) angkatan II ke Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai.
 40 siswa/I tersebut tersebar dari dua jurusan diantaranya jurusan agribisnis tanaman pangan dan holtikultura (ATPH) sebanyak 17 siswa sedangkan agribisnis ternak unggas (ATU) sebanyak 23 siswa.
Acara pelepasan peserta Prakerin angkatan II berlangsung di halaman kantor dinas pertanian dan perkebunan kabupaten dogiyai, senin,19/09/2016 disiang.
Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai, Emanuel Dogomo, S.Pt, M.Si dalam sambutannya menyatakan, atas nama pemerintah, alam dan masyarakat, secara resmi kami terima mereka secara sah.
“Kami menerima siswa-siswi tersebut dengan baik dan siap mengatur mereka secara baik pula, dalam hal mengarahkan mereka lebih memfokuskan kepada aplikasi sesuai teori yang didapat selama dibangku sekolah,” ungkapnya.
Ia juga menjelaskan, peserta Prakerin yang ikut , akan dibagikan ke kelompok-kelompok petani sesuai jadwal yang telah diatur dinas oleh sebab itu, ia berharap para peserta agar dapat menyesuaikan berdasaran arahan dinas.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) Amandus Gane menegaskan, Praktek Kerja Industri bukan dibebaskan anak-anak berkeliaran dan sebagainya.
“untuk itu, siapa yang berstatus  peserta Prakerin mohon di bebaskan dari hal-hal yang lain, yang tidak dinginkan oleh kita semua, baik pihak dinas, pihak sekolah dan peserta serta masyarakat luas,”  Tegas Gane kepada wartawan Kabar Mapegaa saat diwawancara. 
Ia meminta agar siswa lebih mengikuti arah-arahan yang  diberikan dinas, jangan ada yang melawan lagi terhadap pembimbing dunia kerja atau pun pegawai-pegawai dinas, sebab menurutnya, tanpa orang lain ilmu yang kita dapatkan pun hanya sebatas.
Sementara itu, Obeth Keiya, Ketua Program Studi (KAPRODI) juga berpesan kepada peserta prakerin, lebih kreatif dan lebih professional dan mandiri dalam melaksanakan pratek kerja industri di lapangan.
“Jangan melakukan hal-hal yang tidak berkenang, tidak sesuai dengan ketentuan disekolah maupun di kantor,” pesannya kepada peserta yang dilepaskan dari SMK untuk terjun ke dunia kerja nyata.
Pewarta : Agustinus Keiya
Editor: Manfred



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “SMK YPPGI Yehezkiel Dumupa Idakebo Lepaskan 40 Siswa Ikut Prakerin ke Dinas