BREAKING NEWS
Search

Dinas Pertanian Dogiyai Gelar Bimtek Bagi Petani Kopi


Bersama Para Petani Kopi Pelatihan Perawatan Kopi Foto: MP/KM

Dogiyai,Papua Kabarmapega.Com--Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Bagi petani kopi.Kegiatan Bimtek ini dengan tujuaanya agar para petani kopi di dogiyai mengerti cara perawatan kopi dan guna mendorong kesejahteraan masyarakat.

Hal demikian dikatakan Kepala dinas Pertanian dan perkebunan Emanuel Dogomo S.pt M.si Kepada wartawan Kabarmapega.com dalam sela-sela kegiatan bimtek di Maonemani Kemarin Selasa,(11/10/2016)

Mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua
Frans Nuboba  dalam sambutanya mengatakan bimtek pengolahan hasil pertanian bagi petani  kopi  di usung dengan thema, “Intensifikasi dan rehabilitasi tanaman kopi 100 hektar di Kabupaten Dogiyai”   guna meningkatkan nilai tambah dan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani dan pelaku usaha agribis.

Menurutnya Frans , dalam pembangunan pertanian, subsistem pengolahan hasil masih menghadapi berbagai kendala antara lain rendahnya daya saing produk olahan pertanian khususnya produk olahan hasil kopi arabika.hal ini disebabkan para petani kopi belum dipahami cara merawat kopi dengan sebaik mungkin.

“ Produk olahan kopi moanemani yang dihasilkan sudah memenuhi persyaratan kualitas dan keamanan pangan serta  sudah terkenal sampai belanda,” Ujarnya dengan senyum.

"Diharapkan melalui kegiatan bimtek  ini dapat meningkatkan pengolahan hasil bagi petani sehingga meningkatkan perekonomian mereka," katanya.

Kepala bidang Perkebunan,  mengatakan Meky Dimi kepada media melalui telepon seluler menjelaskan tujuan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani kopi di bidang merawat dan pangkas.

Pihaknya telah melakukan koordinsasi dengan para petani kopi di tanah toraja , guna pengembangan komoditas kopi di berbagai daerah di papua, sehingga melalui bimtek diharapkan para petani  kopi arabika dapat  memahami materi dan praktek cara merawat kopi  untuk memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Peserta kegiatan bimtek berjumlah 100 orang dan merupakan para petani yang mempunyai potensi untuk pengembangan usaha pengolahan hasil pertanian diantaranya ketua-ketua tani dan anggota seluruh kabupaten dogiyai.

Kepala dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai Emanuel  Dogomo S.pt M.si berharap kepada para petani  aktif menaman kopi.karena menurutnya kopi dogiyai sudah terkenal sampai belanda.

“Saya Minta semua petani menanam kopi sehingga pendapatan masyarakat akan meningkat dan bisa bersaing dengan petani di luar pulau papua,”Harapnya. 


 Pewarta : Martinus Pigome





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Dinas Pertanian Dogiyai Gelar Bimtek Bagi Petani Kopi