BREAKING NEWS
Search

Enembe Dimata Mahasiswa dan Legislator Papua


Gubernur Papua, Lukas Enenbe.(@Twitter Lukas Enembe.Ist)

Yogyakarta, (KM)--Jika Papua ingin ada kemajuan seperti yang diharapkan pemerintah Pusat, syaratnya adalah,  berikan kewenangan seluas-luas kepada Pak Gubernur Provinsi Papua, Lukas  Enembe untuk membangun Papua dengan konsepnya sendiri dan tidak harus dikritik berlebihan yang bukan positif dan membangun. 

Hal ini disampaikan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Laurenzus Kadepa, kepada media ini saat di hubunginya, Kamis, (20/10/2016) via Fb.

“Saya melihat  Pak Gubernur  memiliki nyali yang sangat besar untuk memajukan Provinsi ini, namun terlihat kurang mendapatkan dukungan dari pemerintah Pusat, oleh para SKPD, oleh para Bupati bahkan dari politisi,” katanya

Menurut legislator Papua, Komisi I bidang Politik Hukum dan Hak Asasai Manusia (Polhukham), tidak sedikit media hadir hanya untuk menjatuhkan dan mengkritisi dan program-programnya terus dipolitisir. 

“Ide gagasan dan terobosan pak Gubernur Papua selama ini sangat luar biasa dan dapat menguntungkan pemerintah jika pemerintah dan semua pihak mendukungnya,” ujar politikus Partai NasDem ini.

Sementara itu, kritik lain datang dari kalangan mahasiswa, setelah beberapa kali mengadakan diskusi melihat kinerja-kinerja Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Salah satu mahasiswa Papua, AY (inisial) yang kuliah di Yogyakarta,  juga membanggakan atas konsep yang dibuat Enembe. Akan tetapi dirinya juga menilai, Enembe masih ragu dalam menyuarakan nasib rakyat ‘ingin lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)’.

“Memang Enembe  punya konsep untuk membangun dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM)  sangat bagus tapi, Enembe punya komentar tentang Papua lepas dari NKRI itu saya masih ragu, karena Enembe bicara tanpa konsep kemerdekaan yang jelas,” katanya kepada media ini.

Dari beda kota studi, mahasiswa dari Bogor, YG (Inisial) juga mendukung atas visi dan misi Enembe ‘Papua Mandiri’.

“Kepemimpinan Lukas Enembe saya sangat mendukung penuh sesusi dengan visi dan misinya, yakni  Papua mandiri,” katanya

YG menilai, realita, dana Otsus delapan pulu porsen ke Kabupaten dan dua pulu Porsen di Provinsi ini adalah nilai positifnya.

“Tapi ada sisi buruknya. Coba Enembe Buang sifat Nepotisme itu, karena Papua besar adalah miliki publik. Enembe adalah orang Publik   di tanah Papua yang mendiami dalam  tujuh wilayah adat ,” katanya saat diwawancara media ini.


Pewarta : Mantiyo Pigu/KM



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Enembe Dimata Mahasiswa dan Legislator Papua