BREAKING NEWS
Search

Galang Dana Untuk Musiba Kesehatan di Kaimana, FIM Gelar Aksi Sosial Kemanusiaan

Aksi FIM Sedang Berlangsungsung di Lingkaran, Abepura , Jayapura (Foto: Yudas Nawipa/KM)

Jayapura, (KM) – Mahasiswa dan Pemuda Rakyat Papua yang tergabung di dalam Forum Independen Mahasiswa (FIM) menggelar Aksi Sosial Kemanusiaan, Senin, (17/10/16) di Lingkaran Abepura, Papua.

Aksi yang dilangsungkan itu sebagai bentuk penggalangan dana untuk memberikan sedikit bantuan agar melakukan rawat darurat bagi mereka (masyarakat) yang terkena musibah kesehatan, seperti:  penderitaan tumor ganas dan wabah TBC di Kampung kensi, Distrik Teluk Arguni, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. 

“Kami mendesak kepada pemerintah kabupaten kaimana dan pemerintah Provinsi Papua Barat agar melihat musibah yang tertimpah terhadap masyarakat,”Kata Koordinator Lapangan (korlap) Aksi Kemanusiaan,  Ndoringga Yarinap, kepada kabarmapegaa.com.

Kata dia, warga yang kena tumor dan wabah Penyakit TBC (Tuberkulosis) sudah lama diderita namun belum ada pengobatan dan pemeriksaan yang jelas oleh medias.

“Kami mendesak perlu ada perhatian serius pemda setempat dan Pem Prov untuk hal demikian,”tegas Yarinap. 

Selain itu, sebenarnya ada satu rumah yang dijadikan pustu di Kampung kensi. Namun, kata dia,  hingga kini belum ada kelengkapan fasilitas dan tenaga medis yang memadai dan terpenuhui.

“Untuk itu, perlu dipikirkan untuk dipercepat,”katanya.

Tetapi, lanjutnya, jaminan pengobatan perlu disediakan oleh dinas terkait.  Karena menurutnya,  kekawatiran lama-kelaman akan menular kekampung-kampung dan dusun-dusun lainnya,”bebernya.

Pewarta    : Yudas Nawipa

Editor        : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Galang Dana Untuk Musiba Kesehatan di Kaimana, FIM Gelar Aksi Sosial Kemanusiaan