BREAKING NEWS
Search

Kapolda Papua Diminta Segera Bebaskan Empat Tahanan Kasus Dugaan Perampasan

Anggota DPRD, Kabuapten Mimika, Aser Gobai (Foto: Dok KM)

Jayapura, (KM) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi C,  Kabupaten Mimika, Aser Gobai meminta Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Papua segera bebaskan Empat Tahanan yang masih di tahanan di Polda Papua dengan alasan diduga melakukan perampasan barang di Kabupaten Paniai beberapa pecan lalu.

“Kami minta Kapolda Papua, Paulus Waterpau segera bebaskan 4 tahanan  yang masih di tahanan di Polda Papua, diantaranya: (1.) Yunus Penggu, (2.) Demianus M Yogi, (3.) Alosius Kayame, dan (4.) Oto Jemi Magai Yogi. Karena, kata dia,  4 orang yang ditahan ini, hingga kini belum menemukan tindakan kriminal yang mereka lakukan di Kabupaten Paniai,”kata Gobai, Kepada kabarmapegaa.com, Jumat, (21/10/16) dari Hospot Coffe Restouran, Kali Acai, Abepura.

Menurutnya, sebetulnya, masalah penangkapan ini bisa diselesaikan di daerah saja, tidak lagi di tingkat provinsi.

“Masa Kepala PU Kabupaten Paniai yang melaporkan untuk menangkap dan diproses hanya karena diduga melakukan perampasan barang padahal, tindakan yang mereka lakukan hingga kini belum ada, baik tindakan kriminal dan tindakan lainnya. Ini tidak benar,”tegas Gobai

Lanjut Gobai, kasus semacam ini, bupati harus bertanggungjawab, melihat tindakan PU yang sifatnya tidak secara dewasa yang melakukan pelaporan secara hukum terhadap pihak keamanan. 

“Mereka yang ditahan ini, sebenarnya masih belum tahu masalah dan keberadaan mereka di Jayapura juga belum tahu siapa yang bawah mereka, dan agendanya untuk apa d Jayapura,”tanya Gobai. 

Selain itu, kalau memang Bupati belum bisa mempertanggungjawabkan kasus dugaan itu, apalagi kasus Paniai besar.

Padahal, lanjutnya, hingga saat ini. Keluarga korban masih menanti bukti nyata, kerja tangannya bupati untuk menyelesaikan kasus Paniai. 

Sebenarnya, kata dia,  bupati hanyanya sebagai fasilitator untuk kasus yang terjadi di Paniai untuk di bawah di tingkat Provinsi dan di Pusat.

“Kalau memang di tingkat kabupaten belum bisa diselesaikan, perlu berusaha lagi di tingkat Gubernur. Lanjutnya, kalau memang tak bisa juga, ya harus fasilitasi ke tingkat pusat. Nah, kerja seperti Itu baru ada bukti nyata dari bupati sendiri,”ungkapnya.

“Kalau hanya pintar-pintar bicara saja, tak bisa. Apalagi ada janji siap lepaskan Garuda, kalau kasus Paniai belum dituntaskan,”katanya.

Pewarta    : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kapolda Papua Diminta Segera Bebaskan Empat Tahanan Kasus Dugaan Perampasan