BREAKING NEWS
Search

Jhon Phlip Saklil, Resmi Mensyahkan Kwasi Biamoma di Wedaumamo

Uskup Jhon Philip Saklil Kiri dan Gembala Samuel Gobai Kanan, saat ceramah khotbah Ibadah Penerimaan Krisma (27/12/2016) di Biamoma.
Paniai (KM) --- Dalam rangkah meningkatkan iman Katolik dan perkembangan Gereja di Wilayah kerja Keuskupan Timika, Jhon Philip Saklil secara resmi mensyahkan Qwasi Baru di Stasi Biamoma menjadi status persiapan Paroki, disyahkan hari Selasa, (27/12/2016) di Biamoma, Kebo-Paniai Utara.

Pada kesempatan itu, empat acara dilangsungkan bersamaan dengan pengesahan Qwasi baru, yaitu acara peresmian rumah pastoran, penerimaan sakramen krisma, pemberkatan dewan kwasi baru dan alas tikar untuk lelang sumbangan dana untuk Qwasi baru.

Dalam pengesahan keputusan Uskup Keuskupan Timika, yang mana dibacakan oleh Pastor Vikep Paniai, Marten Kuayo, Pr membacakan tiga alasan memberikan Qwasi baru di Wilayah Wedaumamo,

Menurut pembacaan keputusan karena ada umat katolik, ada lokasi, letak bahkan keberadaan Gereja Katolik Biamoma ada diantara mayoritas Kristen, dengan ini disyahkan Qwasi baru. 

Pastor Kuayo, menjelaskan  perencanaan pemekaran  paroki baru. Di Stasi Biamoma pemekaran yang paling lama.

 Kata dia,  telah memakan waktu cukup lama untuk  pemekaran ini.  Ia menjelaskan permohonan Paroki telah dilayangkan sejak  tahun 1998  oleh Bapak Ernes Gobai di Keuskupan Jayapura.

Sejak itu, Gereja Katolik Biamoma ada dalam wilayah Paroki Kristus Jaya Komopa dan umat mengajukan permohonan pemindahan di Gereja St. Yusup Enarotali pada tahun 2004. Pihak Pastor Paroki menerima pemindahan umat, terhitung 10 tahun berjalan.

Menurut dia, alasan pelamaan pemekaran karena selama ini belum ada tim penggerak pemekaran.

Selain ini, dia menjelaskan ada empat stasi yang akan gabung  di Qwasi baru, yaitu Induk Biamoma, Gereja Katolik Deta, Gereja Katolik Geida, dan Gereja Kogenepa.

Dalam kesempatan yang sama, Uskup Timika mengatakan kami sedang merencakan wilayah Eka Kec. Wegeuto, wilayah Uwodege, Kecamatan Bogobaida  juga akan mekarkan Paroki baru.

Dengan tujuan agar gereja hadir untuk mendekatkan misi kerajaan surga dekat kita. Pembinaan - pembinaan iman katolik tetap menjadi satu tubuh.

Ibu Anselma Doo sebagai, penanggung jawab untuk Kwasi Wedauma di Gereja Kristus Sang Gembala.

Pewarta : Marinus Gobai






nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Jhon Phlip Saklil, Resmi Mensyahkan Kwasi Biamoma di Wedaumamo