BREAKING NEWS
Search

Membangun Sebuah Situasi yang Tak Memiliki Titik Balik


Menikmati situasi apa adanya. (Foto doc/FB/KM)

Oleh: Mecky Yeimo

Opini, (KM)--“Kritik radikal atas dunia modern saat ini harus memiliki totalitas terhadap obyek dan sasarannya. Kritik ini harus dibawah untuk mengembangkan masa lalu dunia yang sesungguhnya kepada kenyataan saat ini dan menjadikannya sebuah prospek bagi terciptanya sebuah transformasi.

Kita semua tak dapat menggenggam seluruh kenyataan dunia saat ini, tapi setidaknya dapat memformulasikan proyek atas subversi yang menyeluruh, kecuali kita dapat membuka seluruh sejarah yang tersembunyi, tanpa kita menyoroti seluruh sejarah dari gerakan revolusioner internasional yang di inisiasikan lebih dari seabad yang lalu oleh para proletariat di Barat. untuk mendemistifikasikan analisa-analisa yang kritis itu.

“Gerakan yang melawan seluruh organisasi dari tatanan dunia lama ini, telah lama berakhir”  dan semuanya gagal. Manifestasi historis terakhirnya adalah revolusi proletarian, Tetapi “kekalahan” dan “kemenangan” resminya harus dinilai dari konsekwensi-konsekwensi yang jelas atas situasi dan kondisi mereka, Karena kenyataan-kenyataan esensial mereka akan dapat dilihat dengan jelas. Dengan cara demikian, maka kita dapat menyetujui pendapat Karl Liebknecht  di masa menjelang pembunuhan atas dirinya, yang menyatakan bahwa “beberapa kekalahan adalah kemenangan yang luar biasa. Ada  saat beberapa untuk kemenangan justru lebih memalukan daripada seluruh kekalahan.” Maka “kekalahan” besar pertama dari kekuasaan proletarian, Komune Paris, dalam kenyataannya adalah kemenangan besar pertama kalinya proletariat masa itu mendemonstrasikan kapasitas historisnya untuk mengorganisir seluruh aspek kehidupan sosial dengan bebas. Justru saat “kemenangan” besar pertama, revolusi Bolshevik hanya berakhir pada kekalahan yang penuh bencana. Kemenangan orde Bolshevik bertepatan dengan gerakan kontra-revolusi internasional yang bermula dengan dihancurkannya Spartakis oleh “Sosial Demokrat.”

Persamaan kemenangan gabungan atas Bolshevikisme dan reformisme jauh lebih dalam daripada sikap permusuhan yang tampak di permukaan sehingga  di mana aturan-aturan melangkah terlalu jauh hingga menjadi sekedar variasi baru dengan tema lama dari sebuah bentuk baru dari orde lama.

Hasil-hasil dari kontra-revolusi Russia di dalam negeri adalah pemapanan dan pengembangan sebuah metoda baru atas eksploitasi kapitalisme-negara yang birokratis dari luar negeri. Pertumbuhan sebuah gerakan internasional yang menyebarluaskan cabang-cabang yang berfungsi untuk melayani kepentingan tujuan yang mempertahankan dan mereproduksi mereka.

Maka itu jangang membangan sebuah situasi dari satu sisi saja melainkan berjuang dan membangun situasi perkembangan dari multisituasi agar pengalaman dan perjuangan orang lain membuat tetap kuat dan jaya dalam mengikuti situasi dn kondisi perkembangan.

Disini hanya satu situasi yang membuat kami diam dan tidak bergerak apa apa. Mereka mematikan kami dengan UU yang tdak jelas. Kami yang tentindas diajak untuk mengikuti  dan membaca buku buku sejarah perjuangan karena disana banyak cara dan opini yang kita dapat untuk melangkah.(Umagiyinagobai/KM)



Penulis adalah Aktivis KNPB West Papua dan Sekjend KNPB Timika.




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Membangun Sebuah Situasi yang Tak Memiliki Titik Balik