BREAKING NEWS
Search

Indonesia Harus Membebaskan 4 Tahanan Politik di Manado

(Foto, Ilustrasi ULMWP)
Surabaya - (KM). Atas nama Gerakan United Liberation untuk Papua Barat (ULMWP), saya menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk segera melepaskan 4 mahasiswa Papua Barat, Hiskia Meage, William Wim, Emanuel Ukago dan Panus Hesegem yang menghadap ke penjara seumur hidup atas tuduhan " pengkhianatan "hanya untuk mendukung secara terbuka tawaran ULMWP untuk keanggotaan penuh dari Melanesian Spearhead Group (MSG).

Satu-satunya "kejahatan" yang dilakukan oleh 4 siswa tersebut adalah untuk damai mengekspresikan dukungan mereka untuk Gerakan United Liberation untuk Papua Barat, secara hukum terdaftar dan diakui secara internasional tubuh dengan Status Pengamat Keanggotaan dalam MSG. Sebagai pemerintah Indonesia dengan bangga membanggakan status "Asosiasi Anggota" di MSG, itu adalah kewajiban mereka untuk menghormati ULMWP sebagai organisasi yang sah dan tidak memenjarakan orang hanya untuk mendukung itu. Ketika Indonesia memegang status Observer Anggota di MSG, tidak ada bahkan orang Indonesia pun yang ditangkap oleh negara Melanesia jadi mengapa kita orang Papua Barat terus ditangkap dalam ribuan kami hanya untuk mendukung ULMWP?

Gagasan bahwa siswa harus diberikan hukuman seumur hidup di penjara atas tuduhan "makar" tidak hanya konyol, hal ini sangat menghina sangat prinsip-prinsip MSG. Kasus ini sangat mirip dengan penangkapan yang tidak sah dari Steven Itlay yang ditangkap pada tanggal 5 April 2016 di mendukung publik keanggotaan penuh MSG ULMWP ini, dan yang tetap di balik jeruji penjara Indonesia untuk hari ini. Dia dan semua tahanan politik di Papua Barat harus segera dibebaskan. Ini bukan kejahatan untuk damai mengekspresikan pandangan politik.

The Indonesian Widodo Presiden Joko dan pemerintahnya berusaha sangat keras untuk menerapkan "diplomasi ekonomi" dan meyakinkan MSG bahwa mereka mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia, sementara pada saat yang sama mereka secara aktif berusaha lagi untuk menghancurkan hak-hak yang sangat di Papua Barat . Kami, rakyat Papua Barat tahu bahwa sementara mungkin ada demokrasi untuk Indonesia, tidak ada demokrasi atau hak asasi manusia bagi rakyat Papua Barat, dari tahun 1969 hingga saat ini. Bahkan, hanya Oktober lalu Komite PBB untuk Penghapusan Diskriminasi Ras memprakarsai peringatan dini dan prosedur tindakan mendesak mengenai situasi hak asasi manusia di Papua Barat.

Hanya beberapa minggu yang lalu, Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) memperkirakan bahwa sebanyak 8.000 orang Papua Barat ditangkap hanya untuk ekspresi politik damai, ini lebih dari peningkatan 600% pada jumlah total penangkapan tahun lalu. 
Dari Presiden ke Presiden, jumlah pelanggaran hak asasi manusia, termasuk melanggar hukum penjara, penyiksaan, pemerkosaan dan pembunuhan hanya meningkat bagi rakyat Papua Barat, tanpa meninggalkan ruang untuk berekspresi tetapi hanya cukup ruang untuk brutal.

Sekali lagi, atas nama Gerakan United Liberation untuk Papua Barat (ULMWP) yang mewakili rakyat Papua Barat, saya menuntut agar pemerintah Indonesia segera membebaskan Hiskia Meage, William Wim, Emanuel Ukago dan Panus Hesegem bersama dengan semua tahanan politik Papua Barat .

Kami akan terus kampanye sampai kita bisa bebas menggunakan hak dasar kita untuk menentukan nasib sendiri dalam internasional pengawasan Vote (Referendum) di Independence.

Pewarta: Benny Wenda

Pemimpin Kemerdekaan Papua Barat 
Juru Bicara Gerakan United Liberation untuk Papua Barat

Sumber: www.bennywenda.org

Editor: Frans Pigai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Indonesia Harus Membebaskan 4 Tahanan Politik di Manado