BREAKING NEWS
Search

Indonesia Siapkan langkah Rencana Pembuatan Rel Kereta api di Papua Barat



Yogyakarta, (KM)-- Pembangunan jalur rel kereta api di wilayah Provinsi Papua Barat, akan dimulai pada tahun ini. Untuk itu , pemerintah Indonesia telah meminta pemerintah daerah Papua Barat untuk mempercepat persiapan untuk pembangunan kereta api di provinsi ini.

Suara.com melaporkan bahwa Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua Barat, Bambang Heriawan Soesanto di Manokwari , mengatakan Presiden RI waktu berkunjung ke Raja Ampat beberapa waktu lalu, janji, pembangunan akan dimulai tahun ini.

Ia menyebutkan, master plan atau rencana induk perkeretaapian Papua Barat sudah selesai. Uji kelayakan dan studi trase segmen satu dan dua, telah disampaikan kepada Menteri Perhubungunan Ignasius Jonan, saat kunjungan ke Papua Barat.

Kemudian tulis RNZ seperti yang dikutip dari   Antara News melaporkan bahwa kepala kantor transportasi darat dari Papua Barat di Jakarta, Harold Jan Umpain mengatakan ia telah menerima instruksi dari Jakarta untuk mulai membersihkan lahan untuk rel kereta api.

Harold mengatakan jalur utama akan melewati kota Sorong, Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Teluk Bintuni, South Manokwari dan Manokwari.

Dia mengatakan kepada Antara News bahwa Presiden Joko Widodo dimaksudkan untuk melakukan perjalanan ke Papua Barat pada tahun 2017 untuk secara pribadi meluncurkan proyek kereta api.

Awalnya presiden berharap untuk memulai proyek pada bulan Juli tahun ini di Sorong, tapi ini ditunda karena perselisihan yang belum terselesaikan selama harga tanah. Sementara desain rekayasa akhir untuk kereta api ini dalam tahap akhir.

Kemudian beda tempat, Suara.Com melaporkn,  Bambang Heriawan Soesanto di Manokwari , menyampaikan bahwa, Menteri Perhubungan mengimbau agar warga bisa merelakan lahannya, untuk program perkeretaapian ini. Sehingga program tersebut, terlaksana secara lancar.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan menargetkan membangun 6.406 kilometer jalur kereta api di lima pulau di Indonesia dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Pembangunan jalur kereta api tersebut diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp 113,72 triliun yang sebagian berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

(06/Red/PO/KM)




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Indonesia Siapkan langkah Rencana Pembuatan Rel Kereta api di Papua Barat