BREAKING NEWS
Search

Audy Muyapa: Tahun 2017 Adalah Tahun Perubahan Bagi OAP

Audy Muyatie Muyapa (Foto: Yustus Muyapa/KM)

Nabire,  (KM) - Kehidupan Orang Asli Papua (OAP) saat ini masih memprihatinkan. Hal ini terlihat dari tingginya Angka Kematian OAP dan kurangnya SDM yang memadai di segala aspek pembangunan, baik aspek di bidang Pendidikan,Ekonomi,Sosial Budaya, dan lainnya.

Demikian Disampaikan, Audy Muyatie Muyapa Putra Pertama Kepala Suku Besar Pegunungan Tengah Alm. Yakobus Muyapa kepada kabarmapegaa.com di Karang Mulia Nabire Papua, pada selasa, (31/01/2017) Pekan Lalu 

Menurutnya, kehidupan OAP harus bersih dari MIRAS, Narkoba dan Prostitusi. Karena dengan menjauhi hal tersebut, OAP akan mulai berkembang pola pikir dan ide-ide baru yang lebih bermanfaat dibandingkan hanya melakukan rutinitas Miras dan sebagainya. 

Lebih lanjut, kata Audy, banyak hal yang belum dilakukan oOleh OAP untuk dapat menjadi Tuan Di Rumah Sendiri seperti menguasai bidang Perdagangan, Industri, Jasa Konstruksi, Pariwisata yang selama ini lebih dominan dikuasai oleh saudara kita dari luar Papua.

“Orang Asli Papua harus mulai berfikir untuk membangun Toko,Ruko, Warung, dan Kios serta mulai berdagang mencontohi saudara-saudara yang dari luar Papua, jangan hanya terfokus kepada satu bidang saja, contohnya hanya menjadi PNS saja. 

“Tetapi Juga dapat mulai berani untuk menjadi wirausahan, swasta yang tentunya memiliki penghasilan yang jauh lebih baik dibanding menjadi PNS,”tambahnya.

Sambung Audy, Orang Asli Papua (0AP) harus merubah pola pikir dari budaya konsumtif dan budaya sekali pakai habis menuju budaya yang lebih baik dengan mulai belajar menabung dan Investasi.

“Seluruh OAP, harus memulai melihat hal ini. Karena menurutnya, hasil survei di Papua dan Papua Barat belum banyak ditemukan OAP yang berdagang menggunakan toko atau ruko,”ungkapnya.

Untuk itu, kata, muyapa, kesadaran untuk menjauhi Miras, Narkoba sangat diperlukan agar menunjang Perubahan OAP kedepan yang lebih baik.

“Apabila Miras dan Prostitusi serta Narkoba dibersihkan di tanah Papua, maka OAP akan mulai sadar akan ketertinggalannya di beberapa bidang tadi,”bebernya.

Ia berharap, 10 tahun ke depan akan banyak ditemukan Pedagang Asli Papua yang memiliki ruko, toko dan bisnis lain yang selama ini belum disentuh oleh OAP.

lanjutnya, apabila, OAP sudah menyadari akan hal ini, maka perubahan menuju Papua yang lebih baik pasti akan terwujud sehingga OAP dapat menjadi Tuan Di rumah Sendiri dan dapat bersaing secara sehat dengan saudara-saudara Sebangsa dari Luar Papua.

Pewarta     :Yustus Muyapa

Editor         : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Audy Muyapa: Tahun 2017 Adalah Tahun Perubahan Bagi OAP