BREAKING NEWS
Search

Plt Bupati Dogiyai Panen Raya Kentang Bersama Petani


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Dogiyai Herman Beserta Jajaranya Panen Raya Wortel dan Kentang di Kampung Makidimi Foto : Agus Tebay/KM

Dogiyai,Kabarmapega.Com-- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Dogiyai Herman Auwe bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Emanuel Dogomo, Kadia Disperindakop, Andreas Gobai, para petani, dan para tamu undangan lainnya melakukan panen raya Wortel dan Kentang sawah di Kampung Makidimi, Distrik Dogiyai, Kabupaten Dogiyai, Rabu (01/03/2016).

Panen Raya Wortel dan Kentang kali ini juga Dalam rangka kunjungan kerja , Pelaksana Bupati Kabupaten Dogiyai, Herman Auwe, S.Sos , bersama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Emanuel Dogomo.

Bupati memberikan apresiasi kepada kepala dinas pertanian Dogiyai dan  dan semua kelompok tani yang telah berupaya mengembangkan tanaman wortel dan kentang di daerahnya. Karena menurutnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Orang Nomor Satu Dogiyai ini, berharap juga kedepannya program pertanian agar akan berjalan dengan baik dan bertambah maju.sehingga kedepan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dogiyai. 

‘’saya meminta kedepannya juga tanam wortel dan kentang  sehingga pertanian di Kabupaten Dogiyai ini menjadi penggerak kesejahteraan masyarakat,’’ungkap Bupati

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat agar menanam dengan berpola lokal. 'Kalau bisa coba menanam berpola lokal. Hasil panen inikan pelatihan dri dinas. Saya harap para petani menanam gaya lokal "kata Herman.

Herman Auwe juga mengajak kepada kelompok -kelompok petani agar mengajukan proposal untuk membantu dana. "Bapak dan ibu sesuai dengan kelompok yang ada buat proposal lalu ajukan ke saya. Saya akan bantu, ada dana bantuan masyarakat,"ucapnya. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai Emanuel Dogomo dalam kesempatan itu juga mengatakan, masyarakat terus menggerakkan hortikultura sayuran di daerah ini, berbagai jenis komoditas terus dikembangkan, misalnya bawang putih, wortel, kentang, kubis, tomat, cabe, dan kacang panjang.
Disini melihat langsung aktivitas yang dilakukan petani, melakukan panen di lahan petani, berdialog dengan petani, bahkan memberikan bantuan kepada petani untuk pengembangan pertanian di wilayah dogiyai.

Yosias Adii, salah satu warga Kampung Makidi meminta kepada Pemda Dogiyai agar segera membantu armada mobil transpotarsi. Sebab, kata dia, selama hasil panen selalu mengeluarkan biaya besar hanya mengeluarkan ongkos bayar. 

"Kami setelah panen biaya untuk ongkos jual ke Nabire banyak yang keluar. Disini produksi sayur banyak maka kebanyakan pegawai tidak pernah beli mak, kami sering jual ke kota. kami harap para pegawai kedepan bisa beli hasil panen ini,"kata Adii.


Liputor : Agus Tebai


Editor   : Martinus Pigome



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Plt Bupati Dogiyai Panen Raya Kentang Bersama Petani