BREAKING NEWS
Search

Terpuruknya Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di Korowai, Mahasiswa Gelar Aksi Galang Dana

Mahasiswa yang tergabung di dalam TPKP Rimba Papua Sedang Gelar Aksi Galang Dana di Lingkaran Abepura, Selasa, (21/03/17). (Foto: Alexander Gobai/KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.COM – Sedikitnya 50 orang Mahasiswa  dan mahasiswi Papua di kota Jayapura yang tergabung di dalam Tim Peduli Kesehatan dan Pendidikan Rimba Papua (TPKP Rimba Papua) menggelar aksi dalam bentuk penggalangan dana untuk membantu masyarakat  yang mengalami terpuruknya pelayanan kesehatan dan pendidikan di Korowai, Kabuapaten Merauke, Papua.

Mereka melakukan aksi galang dan di beberapa tempat, seperti, Lingkaran Abepura, Expo, Waena Lampu Mereh Menuju Perumnas III, dan Lampu Merah Dok 2 kota Jayapura, pada Selasa, (21/03/17).

Kata Sekertaris, TPKP Rimba Papua Solemen Itlay mengatakan aksi galang dana ini bertujuan untuk membantu masyarakat korowai yang membutuhkan bantuan dalam bentuk finansial dan pakaian-pakiaan yang layak pakai untuk digunakan disana juga makan  dan minum, tak terkecuali obat-obatan. 

“Kami galang dana untuk membantu masyarakat yang mengalami terpuruknya kesehatan dan pendidikan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap mereka,”kata Itlay, Kepada kabarmapegaa.com.

Kata dia, Pelayanan kesehatan sampai saat ini masih minim sekali, disana banyak postu, polindes dan pusekesmas yang dibangun dengan dana yang cukup besar, tapi fasiltas dan tenaga medis masih minim bahkan  tidak ada. 

‘Akibatnya, masyarakat sakit, mau berobat dimana selain itu, rumah sakit dibangun, tenaga tidak ada. Jadinya, masyarakat menderita sampai menjemput kematian,”Bebernya. 

“Cuma-cuma, tanpa penaganan medis yang jejas,”tambahnya.

Dia berharap, pemerintah daerah dan provinsi melihat agar fokus melihat persoalan ini dengan serius. Karena menurutnya, persolan ini bukan baru disuarakan, melainkan beberapa tahun sudah disuarakan, tapi pemerintah belum memberikan respon yang baik.

Sementara itu, Roberta Nekwek yang juga ikut aksi galang menyatakan, aksi galang dana ini untuk membantu  mereka yang membutuhkan bantuan seperti pendidikan dan kesehatan.

“Jadi, hasil galang dana ini kami akan kirim kepada mereka di Korwai sana untuk dipergunakan sesuai kebutuhan mereka,”kata Mahasiswi USTJ itu.
Mahasiswi Gelar Aksi Galang Dana di Lampu Merah, Dok 2, Kota Jayapura. (Foto: Alexander Gobai/KM)

 Liputor                 : Alexander Gobai




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Terpuruknya Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di Korowai, Mahasiswa Gelar Aksi Galang Dana