BREAKING NEWS
Search

Etika Berkomunikasi Bagi Pelajar

Foto, Damianus Muyapa, Dok. KM
Oleh Damianus Muyapa

OPINI—KABARMAPEGAA.COM--  Berkomunikasi adalah salah satu gaya dan cara yang selalu di lakukan oleh seseorang dalam hidup. Komunikasi bisa berkomunikasi kepada dua orang atau lebih sesuai dengan pokok pembicaraannya.  Orang pertama yang ajak untuk berbicara di sebut komunikator dan orang yang menerima di sebut komunikan. Keduanya sangat aktif maka pembicaraannya sangat lancar. Apabila komunikan tidak aktif maka komukator sangat terpengaruh dalam pembicaraanya, maka itu komukator dan komunikan harus aktif dengan menggunakan etika berkomunikasinya.

Etika Berkomunikasi adalah seseorang dapat berkominikasi dengan baik.Kata-kata yang di sampaikan dari komunikator terhadap komunikan, dan sebaliknya komunikan terhadap komunikator. Berkomunikasi sesuatu  itu saling membagikan informasi kepada orang lain dan dalam berkomunikasi harus menggunakan kata-kata, bahasa yang  baku, sopan-santun. Agar dalam komunikasi saling menerima dan memberi apa yang di bicarakannya.

Berkomunikasi terdiri dari berbagai macam yang dapat di gunakan oleh manusia di antaranya adalah komunikasi  secara bertatap muka (Face to face), secara online internet, surat menyurat, dan lain sebagainya. Semuanya itu tergantung.

seseorang yang dapat berkomunikasi, karena semua orang belum tentu  memiliki etika brkomunikasi. Salah satunya adalah siswa selalu ada bertengkar sesama teman kelas atau sekolah karena dalam berkomunikasi sampaikan kata-kata kotor maka terjadilah bertengkar, ada juga melawan dengan orang tua, guru, dan orang yang memberikan nasehat ketika itu dapat melawan dan menyampaikan kata-kata negatif. itulah siswa yang tidak memiliki etika berkomunikasi dalam hidup.

Lain pula, berkomunikasi melalui online melalui internet selalu saja disampaikan kata-kata yang tidak sopan entah segaja atau tidak segaja. Salah satunya adalah bermain facebook selalu saja  memberikan komentar yang tidak enak di terima oleh teman yang kita ajak bicara melalui online tersebut.

Orang tua, guru dan bagi peduli anak-anak jangan  menyampaikan kata-kata kotor di depan  anak-anak apa lagi baku marah di depan,  pasti akan terpengaruh dan nantinya akan di tiru juga dalam hidup. Etika berkomunikasi dapat di bentuk dari keluarga dan lingkungannya. Oleh karena itu, harus berhati-hati dalam berkomunikasi dalam hidup artinya harus menggunakan etika berkomunikasi pada setiap saat.


*)Penulis adalah pemerhati pendidikan, tinggal di Timika



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Etika Berkomunikasi Bagi Pelajar