BREAKING NEWS
Search

Kembali Terjadi Kasus Penembakan di Papua

Foto; Dok, Korban yang bernama Ulius Turot korban berusia 26 tahun
Oleh: Emiliano Kejora Yumte

ARTIKEL, KABARMAPEGAA.COM - Kasus penembakan di Kampung Ayawasi, Kab. Maybrat - Papua Barat yang di lakukan tiga orang BRIMOB terhadap korban yang bernama Ulius Turot korban berusia 26 tahun.

Kronologis Kasus Penembakan

Korban hendak meminta sesuatu kepada salah seorang guru yang memiliki kios namun tidak di berikan. Korban pun marah terhadap guru tersebut.

Guru pun langsung menelpon pihak keamanan dan datanglah tiga orang BRIMOB dan tidak tunggu lama tiga orang BRIMOB tersebut langsung aksi pemukulan terhadap korban hingga babak belur. Korban pun tidak terima akan hal itu korban berusaha menghindar dan korban pun lari ke rumah dan membawa benda tajam.

Setelah korban keluar dari rumah tiga BRIMOB ini langsung mengejar korban dan pada posisi itu korban tidak melakukan tindakan perlawanan, para BRIMOB itu langsung melakukan tembakan peringatan sebanyak dua kali dan yang ke tiga peluru mengarah kepada bagian perut korban tepatnya korban di tembak BRIMOB Jam 12:25.

Korban pun jatuh dan korban di borgol langsung di bawa oleh tiga BRIMOB ke kantor Polisi terdekat untuk melapor.

Ada seorang ibu yang dekat dan melihat kejahatan yang di lakukan oleh 3 orang BRIMOB ibu langsung mencoba dekati ingin mengambil gambar namun Ibu malah di ancam oleh tiga orang BRIMOB dan sempat kata yang di keluarkan salah satu dari 3 orang itu adalah mama stop ambil gambar, dengan tegas mengatakan kamu mau lapor kita ke mana.

Jam 5 sore korban di bawa langsung ke rumah sakit umum di kota sorong untuk operasi dan pada saat kami melakukan wawancara korban masih dalam kondisi kritis

Tegas adalah satu kakak dari korban tersebut mengatakan bahwa, kami bukan binatang liar yang seenaknya bisa kalian tembak, tapi kami manusia yang punya hak sama. Kasus inikan di selesaikan melalui adat dan jalur Hukum.

Mohon supaya pelaku penembakan di hukum dan di pidanakan agar itu menjadi contoh ke depanya jangan ada lagi penembakan untuk orang Papua.

3 Orang BRIMOB Menembak 1 Orang Pemuda di Kampung Ayawasi, Distrik Aifat Utara Kab. Maybrat Papua Barat 
Foto; Dok Korban Hasil Advokasi dan Investigasinya
Kronologis

Hasil advokasi dan investigasinya:


Terjadi lagi tindakan represif oleh aparat kepolisian terhadap salah satu masyarakat asli Papua di Kab. Maybrat Provinsi Papua Barat. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis 20 April 2017 di Kampung Ayawasi dengan korban yang mengalami luka tembakan Ulius Turot.

Kejadian bermula ketika korban yang dalam keadaan mabuk mengalami pertengkaran mulut dengan salah satu Ibu Guru SMP namanya ibu Siti dan kemudian dilerai oleh 3 Orang oknum BRIMOB. Namun kemudian keributan terjadi antara BRIMOB dan korban, karena merasa terdesak dan sempat dikeroyok, korban berlari mengambil senjata tajam.

Namun tidak berhenti sampai di situ, pihak brimob balik mengejar pelaku hingga ke belakan rumah korban hingga terdengar suara tembakan 2 kali.

“Terdengar suara tembakan 2 kali dan kemudian saudara Ulius diseret dari belakang rumah dengan kondisi luka tembak di perut, kejadian tersebut berlangsung cepat dan setelah mengalami luka tembak, korban masih dipukuli di depan rumah,” ujar saksi Marten Tenau.

Seorang saksi warga setempat sempat ingin merekam kejadian tersebut dan dihalangi oleh pihak kepolisian, setelah tidak berdaya korban dibawa oleh anggota brimob tersebut menggunakan mobil patroli tanpa seizin dan sepengetahuan keluarga.

Korban kemudian dilarikan ke RSUD Kota Sorong dan Hingga saat ini korban masih dirawat pasca operasi. Kami dan pihak keluarga masih menunggu hasil visum dari dokter, kejadian ini sangat disayangkan dan pihak pemerintah serta kepolisian harus segera menuntaskan kasus ini karena ini merupakan pelanggaran HAM.

“Polisi seharusnya mengayomi masyarakat bukan bertindak sewenang-wenang dengan menembak di luar prosedur yang ada,” kata Tyson Tenau yang merupakan saksi kejadian penembakan tersebut. (Frans P/KM)

*) Penulis adalah aktivis muda Papua, Tinggal di Sorong, Papua Barat



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kembali Terjadi Kasus Penembakan di Papua