BREAKING NEWS
Search

Dulu Mengenal Asrama Kangguru Sekarang Apa



Foto Papan nama, Yayasan Pantiasuhan Asrama Kangguru Nabire Papua/KM


Yustus Muyapa

OPINI, KABARMAPEGAA.COM-- “Rumah yang baik badan yang sehat, rumah yang baik apapun tugas berat mudah terselesai. Aman rumah aman hidup, karena semua aktifitas berawal dari rumah.”

Seorang hidup aman dan baik  terbentuk secara teratur harus di didik mental dan pola pikir dari kecil. Dari anak kecil menjadi dewasa mengalami proses pertumbuhan . Saat pertumbuhan harus didik dengan cara yang benar agar pola pikir menjadi baik.

Memanusiakan menjadi manusia tidak gampang seperiti kata yang di ungkapkan tetapi di perlukan kerja keras tanpa lelah dari perjuangan. Bapa Drs Korneles Muyapa berpikir agar anak harus lepas dari orang tua agar mengenal dunia luas, maka Dia mengelolah gedung yang namanya  asrama Kangguru di kota Nabire.

Dulu sejak asal mula pada tahun 1970  asrama Kangguru selalu aktif berjalan baik saat Bapa Muyapa berjebat sebagai  guru. Tetapi sayang dunia memanggil sehingga meninggalkan apa yang di miliki dan karya karya luar biasa buat orang yang mendiami di sekitar itu.

Saat ini asrama Kangguru yang tak lama perhatian karena anak anak semua pada sekolah atau/kuliah. Kalau alumni dan orang yang perna tinggal di situ tidak peka terhadap kondisi asrama, siapa yang kita harapkan?? Dijawab bersama dan di kerjakan pada  hari ini dan esok,  karena tugas kami bersama yang perlu di garis bawahi. Untuk kedepan mari kita satukan idee untuk merenovasikan kembali karena ini rumah kita yang memberikan banyak pengetahuan kepada anak generasi papua mendatang.

Pada tahun 1985 Bapa Drs, Korneles Muyapa tiba di Nabire, Bapa sebagai seorang guru kerja di Dinas P & P. Dulu pada sejak itu Bapak Bupati Yusuf Adi, sebagai menjabat Bupati Nabire. Awangkok menghadapi Beliau, dan di kasih Surat rekomendasi untuk mengelolah dan mengurus, asrama Kanguru saat itu ditangani oleh bapa Kornelius Muyapa, setiap 3 bulan sekali di beri bantuan dari Darmaif Pusat dan Dinas sosial dan lainya.

Tapi saat ini asrama Kanguru tak terurus dan sudah tak layak di pakai karena pegurusan asrama Bapa Korneles Muyapa pergi jauh tanpa di harapankan kapan balik artinya (meninggal).

Jejak bapa pasti kembali terungkit bangkit  dan kembangkan agar secepatnya kami Keluarga dan kawan-kawan bisa membangun guna untuk  kembali agar bisa tingal anak Sekolah seperti tingkat SMA, SMP, SD dulu.

"Sungguh Asrama punya banyak kenangan dengan dinas P & K Kab Paniai lama (nabire) terutama bapak almarum. Drs. korneles Muyapa sebagai pembina/pengelola, maka generasi yang pernah tinggal di asrama ini seharusnya juga peduli dengan keberadaan asrama saat ini. 

Mari kita meniru gaya kerja dari bapa almarum untuk mengembangkan kembali rumah kita tempat belajar dan mendidik anak anak papua demi mencapai masa depan yang cerah (KM.)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Dulu Mengenal Asrama Kangguru Sekarang Apa