BREAKING NEWS
Search

Sekda Dogiyai Secara Resmi Buka Pelatihan Ternak Babi




Sekda Kabupaten Dogiyai Natalis Degei Menyampaikan Sambutan Sekaligus secara Resmi Membuka Kegitan Pelatihan Ternak Foto : Oktopianus Tebay

DOGIYAI,KABAR MAPEGAA.Com-- Sekertaris Daerah Sekda Kabupaten Dogiyai Natalis Degei secara resmi membuka kegiatan pelatihan ternak babi di aula Pemda Dogiyai, Moanemani Rabu, (25/10/2017).

Sekda Dogiyai Natalis Degei dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dogiyai mengapresiasi pelatihan yang digelar ini, karena pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi warga masyarakat khususnya yang ada di kabupaten Dogiyai, karena peternakan di kabupaten Dogiyai didominasi peternakan babi.

“Masyarakat Dogiyai yang mengikuti pelatihan ternak dituntut menggali potensi yang ada di daerah salah satunya budaya beternak babi,” katanya.

Degei dijelaskan, saya melihat selama ini banyak masyarakat maupun Sarjana Dogiyai berlombah-lombah ingin mau pegawai. Menurutnya, Kabupaten Dogiyai harga jual babi sangat mahal.

“ Pelihara ternak babi sangat menjanjikan sebab, harga jual babi diwilayah meeuwo paling mahal,” Ujarnya Sekda dalam sambutanya dihadapan peserta.

Kepala Dinas Perikanan Dan Peternakan Damiana Tekege mengatakan kegiatan pelatihan ini buat dengan tujuan utama agar masyarakat Dogiyai tambah pengetahuan tentang pelihara ternak babi. Saya melihat nilai jual babi kabupaten Dogiyai menjanjikan.

Dikatakanya, pelatihan ini merupakan komitmen pemerintah kabupaten Dogiyai dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada, sekaligus memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya para peternak tentang cara beternak babi berpola kandang organik, yang manfaatnya cukup banyak, yakni kandang lebih bersih, bebas polusi dan limbah serta ramah lingkungan, dan manfaat lainnya.


“ Saya lihat di jantung ibu kota kabupaten saja, banyak babi dilepaskan. Harapnya setelah ada kegiatan ini bisa memelihara dalam kandang,” ujarnya.

Dinas Perikanan dan Peternakan siap melalukan sosialisasi di setiap kampung berdasarkan tim yang kami bentuk, seputar budidaya Babi bagi masyarakat Dogiyai.

Salah satu peserta pelatihan ternak babi yang enggan disebutkan namanya kepada media ini mengaku, terimakasih kepada pemerintah Dogiyai. “Kami bersyukur hari ini bisa dapat materi tentang pelihara ternak yang baik,” katanya.


Ia berharap, Pemerintah Dogiyai harus punya tim penyuluh ternak sehingga mereka bisa mengarahkan cara beternak babi yang baik dan benar.



Pewarta : Petrus Douw


Editor   : TP

















nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sekda Dogiyai Secara Resmi Buka Pelatihan Ternak Babi