BREAKING NEWS
Search

Selamatkan Jiwa Warga, Dinas PU Dogiyai Gelar Sosialisasi Pengendalian Kali Edege

Kepala Bidang (Kabid) Lingkungan Hidup PU Dogiyai, Bernadeta Goo. (Foto: Petrus Douw/KM)
Dogiyai, KABAR MAPEGAA.com – Dinas Pekerja Umum (PU) Kabupaten Dogiyai, Papua telah menggelar kegiatan sosialiasi kepada masyarakat Dogiyai soal kali Edege terkait pengendalian dan pendangkalan, karena diduga kali itu terkadang melayangkan banyak jiwa.

Kegiatan sosialisasi itu diselenggarakan Pada, Kamis, (09/11/17) di Dogiyai.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Pekerjaa Umum (PU), Bernadeta Goo, menyatakan dilakukan kegiatan ini bertujuan untuk menyelamatkan masyarakat kamuu dan tanah dari berbahaya kebanjiran yang telah melayangkan banyak warga.

“Saya mau warga yang hadir ini perlu menyumbangkan ide dan gagasan berdasarkan pengamatan, sehinga tahun depan kami langsung kerja,”Kata Goo Kepada kabarmapegaa.com.

Sementara itu, Asisten 1 Pemerintah Daerah (Pemda) Dogiyai, Nason Pigai menyatakan, dirinya sangat takut dengan kali edege yang kadang menghanyutkan sejuta kekayaan sumber daya alam yang dimiliki warga, termasuk kematian warga. Untuk itu dirinya berharap jangan membuang sampah di kali edege, karena akan membahayakan hidup warga.

Ia juga mengingat kembali,  bahwa saat di zaman pemerintah Belanda tidak ada pembuangan sampa di kali Edege. Namun, setelah terjadi pemekaran DOB di tahun 2008 mulai terjadi pembuangan sampah dan kayu dan batu.

“Untuk itu, ia berharap, mari kita lestarikan kembali,”terangnya.

Pewarta    : Petrus Douw


Editor        : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Selamatkan Jiwa Warga, Dinas PU Dogiyai Gelar Sosialisasi Pengendalian Kali Edege