BREAKING NEWS
Search

KABUPATEN NABIRE BUTUH PEMIMPIN BESAR


Foto Doc.Prib Benediktus Degei/Ist
Oleh : Benediktus Degei 

YOGYAKARTA,(KM)--Kabupaten Nabire, kota sentralnya roda pembangunan di wilayah MEEPAGO. Lantaran nabire sebagai jalur strategisnya persebaran pembangunan dengan ketersediaannya barang dan jasa, entah dari luar maupun dari dalam wilayah operasional.

Di sisi lainnya, Nabire juga sebagai rentang mengimbilkan masalah konflik antar budaya sosial dan sentral persebaran ketersediaan barang berbahaya kesehatan dan  jasa kriminalitas dan sexualitas lintas lokal dan wilayah. Nabire yang letak gegrafis seperti itu kelak sanyat membahayakan kehidupan masyarakat dan pembangunan itu sendiri.  Di itu, tergantung pemimpin daerah itu sendiri. 

Untuk tetap menjaga sentral dan strateginya pembangunan yang berkarasteristik dan produktif di wilayah MEEPAGO itu, di situ butuh PEMIMPIN BESAR yang punya profesional dalam strategi dan kebijakan pembangunan yang berkarasteristik. Hal ini perlu diteruskan setiap stransisi pemerintahan di daerah itu.

Melihat pengalaman sebelumnya, Kabupaten Nabire sebagai kota sentral dan strategisnya pembangunan itu, sangat terlihat ada banyak masalah dari semua dimensi hidup yang belum pernah serius ditangani oleh pemerintah setempat. 

Semua masalah itu selalu berbuntut pada masalah kepunaan identitas sebagai orang papua dan pada khususnya orang MEE di wilayah itu. 

Ada beberapa masalah rentang yang harus atasi seperti masalah MIRAS dan HIV/AIDS yang selalu berimbas pada korban nyawa manusia papua itu sendiri. Jumlah korbannya bukan sedikit jika dirincikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Yulian Agapa mengatakan, hingga pertengahan tahun 2014, jumlah pengidap penyakit HIV/AIDS di Nabire, Papua, semakin meningkat, dan sudah mencapai 4.268 orang. Hal itu di sampaikan Agapa, Selasa (18/11/2014), saat menjadi pemateri dalam Musyawarah Besar (Mubes) pencegahan Minuman Keras (Miras) dan penanggulanan HIV/AIDS di Gereja Katolik Kristus Raja, Siriwini, Nabire, Papua. (Baca:  nabire.net/data-pengidap-hivaids-di-nabire-capai-4268-orang-pemerintah-bertekad-tanggulangi-masalah-ini/).

Bahkan, melalui tabloidjubi dikatakan kabupaten nabire termasuk salah satu daerah memiliki jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi dari kabupaten Mimika, Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke. (Baca: tabloidjubi.com/2012/12/15/hivaids-tertinggi-di-papua-ada-di-empat-wilayah/).

Untuk mengatasi masalah MIRAS dan HIV/AIDS di Nabire dan pada umumnya di Wilayah MEEPAGO itu, maka, ISI MUBES yang direkomendasikan oleh Pastor Nato Gobai melalui Lembaga Pelayanan Perlindungan Masyarakat di wilayah adat Mee Pago (LP2MM) itu harus menjadikan prioritas program pembangunan daerah masing-masing itu. (Baca nabirekab.go.id/musyawarah-besar-mubes-hivaids-dan-pemberantasan-minuman-keras-di-wilayah-suku-mee-pago/).

Musyawarah Besar (MUBES) HIV/AIDS dan Pemberantasan Minuman Keras (MIRAS) diwilayah Mee Pago itu disiapkan dan direkomendasikan ke pada pemerintah daerah di wilayah MEEPAGO pada tanggal 17-20 November 2014 lalu. Berikut ini ISI BUMES.  (Baca: majalahselangkah.com/content/-ini-hasil-mubes-miras-dan-hiv-wilayah-adat-mee-pago ).

Secara khusus, Kabupaten Nabire sebagai pusatnya pembangunan dan beredarnya berbagai penyakit kematian manusia di wilayah MEEPAGO hingga saat ini belum ada tindakan nyata dari pemerintah daerah dalam program pembangunan terutama pemberantasan MIRAS dan pencegahan HIV.AIDS menindaklanjuti ISI REKOMENDASI MUBES tersebut.

Untuk itu, di kabupaten Nabire, BALON BUPATI/WAKIL BUPATI yng akan terpilih melalui proses pemilikada Nabire, pada 9 Desember 2015 mendatang harus memiliki jiwa kepemimpinan yang jelas. Salah satu visi dan misi yang diprioritaskan oleh BALON BUPATI KABUPATEN NABIRE haruskan pemberantasan MIRAS dan pencegahaan HIV/AIDS.

Masyarakat butuh hidup sehat, nyaman, dan mandiri di daerahnya sendiri. Jika hal itu mampu diperjuangkan oleh kepala daerah yang akan terpilih sebagai orang papua dan nak negri wilayah MEEPAGO, maka itulah PEMIMPIN BESAR. PEMIMPIN YANG SANGGUP.

"SMOGA MEMILIH YANG TERBAIK"

Penulis adalah Mahasiswa Papua yang kuliah di Yogyakarta


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KABUPATEN NABIRE BUTUH PEMIMPIN BESAR