BREAKING NEWS
Search

Ketua Umum KAPP, Pertanyankan Ekonomi Berbasis Masyarakat KAPP Membantu Pemerintah

Foto Bersama ketua Umum KAPP dan Pemprov
(Foto: Yan Goo/KM)
Jayapura, (KM)---Ketua Umum Kamar Adat Pengusaha Papua, Merry Cristina Yoweni, mempertanyakan, mungkinkah dengan adanya kamar Adat Pengusaha Papua dapat membantu pemerintah Provinsi, Daerah, Kota dan kampung untuk pengembangan ekonomi berbasis masyarakat Adat menuju Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.

"mungkinkah di seluruh tanah Papua, menjadi motivator dan aktivis kebangkitan ekonomi masyarakat asli Papua di daerah masing-masing demi mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis adat, untuk mendukung dan menjadi fasilitator untuk reposisi kampung adat,” kata Ketua Umum Kamar Adat Papua, Merry Cristina Yoweni, kepada wartawan, Rabu, (23/09/115) di Jayapura. 

Kata dia, itu sudah jelas, adanya Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Pusat di Jayapura mengembangan ekonomi berbasis masyarakat adat menuju papua bangkit mandiri dan sejahtera. 

"Melakukan pemetaan dan inventaris SDM pengusaha Papua dan usaha ekonomi masyarakat di tujuh (7) Wilayah Adat Propinsi Papua dan Papua Barat melakukan penguatan organisasi payung bagi pengusaha dan masyarakat adat Papua,”jelasnya.

Untuk wujudkan itu, kata dia harus dilakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi atau pemerintah kabupaten kota untuk merealisasikan keberpihakan kepada usaha lain, Papua melalui pembuatan kebijakan peraturan Gubernur dan Peraturan Bupati,”tandasnya.

Dalam kegiatan Kamar Adat Pengusaha Papua ini yang hadir dari pemerintah Provinsi Gubernur Lukas Enembe, yang diwakili Asisten I Doren Wakerkua, SH, menjelaskan kepada ribuan peserta Kamar Adat Pegusaha Papua memihak kepada Orang Asli Papua (OAP).

Kata dia, selama ini pemerintah Provinsi Papua khususnya Dinas PU selalu ahlikan usaha kepada non-Papua untuk mengembangkan usaha kecil maupun besar mereka,”katanya.

Ia terkesan, melalui wadah Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) ini, kami akan tindaklanjuti kepada Gubernur Provinsi Papua, Sekda Propinsi Papua dan Kepala Dinas PU Propinsi Papua agar mendukung OAP dalam meningkatkan usaha kecil dan besar melalui wadah ini, "tutur Wakerkua. 

Doren berjanji kepada ribuan peserta Kamar Adat Pengusaha Papua dari se-tanah Papua dia akan bertemu langsung dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua,”janjinya.(Yanuarius Goo/KM)

Editor: Alexander Gobai




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ketua Umum KAPP, Pertanyankan Ekonomi Berbasis Masyarakat KAPP Membantu Pemerintah