BREAKING NEWS
Search

Tentara Nasional Papua (TPN), OPM Papua Barat Mendukung Pertemuan PIF Ke- 46 di PNG

Foto : Panglima TPN-OPM Gen Galiat Tabuni
Jayapura (KM) --Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (KOMNAS-TPNPB), Organisasi Papua Merdeka (OPM) nyatakan sikap dukungan penuh atas puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang ke 46 Pasifik Island Forum (PIF) di Port Moresby ibu kota negara Papua New Guinea (PNG), rencananya yang akan dimulai Senin 7 September sampai dengan 11 September mendatang.
Hasil video You tube yang diterbitkan oleh KOMNAS TPNPB pada Rabu, 2 September 2015 berjudul TPNPB mendukung KTT FIP 2015, berdurasi 2,44 menit itu, mendesak segera gelar refrendum di tanah Papua Barat.
Dalam Youtube itu, masyarakat serta TPNPB menggelar Yel- yel dengan pawai dengan penuh meriah dihadiri ratusan rakyat, kanak-kanak pria dan wanita turut hadir pada aksi dukungan KTT PIF yang ke 46 pada 2015 ini. Tontong disini : https://www.youtube.com/watch?v=SXmZVCqfeK4&feature=youtu.be
Pada pawai difasilitasi oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Platon KSBP dari batalyon HSSBY di KODAP Yahukimo dihadiri Jenderal Goliat Tabuni selaku panglima tinggi TPNPB Papua dipilih secara resmi melalui forum nasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) TPN-OPM pada 1-5 Mei 2012 lalu.
Ditempat lain, media onlain di Papua Tabloid Jubi edisi 2 September 2015 juga merilis TPN-PB Paniai nyatakan dukungan terhadap pertemuan PIF di PNG, yang akan berlangsung pekan depan. 
Jubi setelah wawancara dengan Demianus Yogi pimpinan TPNPB Paniai mengatakan Papua Barat adalah bagian persaudaraan yang teguh dan tak terpisahkan dari komunitas Pasifik. Pihaknya mendukung atas pertemuan tersebut karena masyarakat di bagian negara-negara pasifik terus memberikan dukungan kepada orang Papua, seperti dengan ULMWP diterima sebagai observer pada KTT MSG di Honiara pada 26 Juni lalu "menulisnya".
Agenda pembahasan yang akan dibahas di pertemuan ke -46 adalah salah - satunya adalah isu Papua Barat. Sub pembahasannya ada tiga yaitu isu Dekolonisasi, pencari fakta pelanggaran HAM dan dialog antara pemimpin Pasifik dan Indonesia.
Selengkapnya " baca disini :Sekretariat PIF Dorong Tiga Isu Papua, Salah Satunya Dekolonisasi". (Admin & Jubi)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Tentara Nasional Papua (TPN), OPM Papua Barat Mendukung Pertemuan PIF Ke- 46 di PNG