BREAKING NEWS
Search

Mahasiswa/I USTJ Akan Gelar Diskusi Narkoba dan Miras

BP. KMK USTJ, Soleman Itlay (Kanan) dan
Koordinator Tim Kerja Dikusi Panel, Roberto Diap
(kanan). (Foto: Alexander Gobai/KM)
Jayapura, (KM)—Mahasiswa/I Universitas Sains dan Teknologi melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Sains dan Teknologi (UKM KMK USTJ) Jayapura, Papua, akan menggelar Diskusi Panel yang berthemakan, Narkoba dan Minuman Keras (Miras) Membunuh kita, Sabtu, (03/09/15) Besok di Aula USTJ, Papua.

Tim Kerja Diskusi Panel, Roberto Diap, mengatakan, tujuan dilakukan kegiatan diskusi ini ialah perkembangan belakangan ini kami melihat Narkoba dan Miras kurang menarik di mata publik. Artinya, selama ini Pemerintah membicarakan Narkoba dan Miras, tetapi belum dapat ditangangi secara maksimal,”pungkasnya.

 “dengan beredar Narkoba dan Miras, kami dari mahasiswa sangat tidak merasa masuk akal untuk hal ini,”kata Tim Kerja, Roberto Diap, kepada www.kabarmapegaa.com, Saat Jumpa Pers. 

Kata dia, untuk miras sendiri, kami masih mempertanyakan janji pemerintah bahwa, dalam bulan Oktober, toko-toko penjualan Miras ditutup, tetapi, saja masih dijual,”tanyanya.

Dian mengajak dalam diksusi itu, bahwa, kami mengundang seluruh mahasiswa sejayapura untuk hadir dalam dikusi panel, besok,”ajaknya.

“Saya rasa kita harus mengungkapkan masalah-masalah, hingga mendapatkan solusi yang tepat,”katannya.

Badan Pengurus Keluarga Mahasiswa katolik Universitas Sains dan Teknolig Jayapura (KMK USTJ), Soleman Itlay, mengatakan, dengan melihat kondisi terakhir ini, peredaran Narkoba dan Miras sudah menjadi pemiu  dalam kehiduapan  masyarakat sosial,”katanya.

“sebenarnya, Narkoba dan Miras bukan menjadi budaya Orang Asli Papua (OAP). Kemudian dalam agama juga dapat bertentangan,”pungkasnya.

Narkoba dan Miras di tanah Papua sudah terlalu banyak yang mengkomsumsikannya. Apakah mereka tidak tahu efek dari hal itu,”tanyanya.

“makanya, kalua hal ini dibiarkan maka,  harapan bangsa dan Negara akan hancur,”tegasnya.

Kata dia, pemateri yang akan disampaikan dalam diskusi itu ialah,1) Badan Narkotika Nasioanl Prov. Papua, Kosma, 2) Polda Papua, 3) Dinas Kesehatan Prov. Papua, 4)Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Prov. Papua, 5) Dewan Adat Papua, 6) Tokoh Agama, 7) Komite Nasional Prov. Papua dan 8) DPRP, Papua.

Presiden Mahassiwa Universitas Sains dan Teknologi (Presma USTJ), Nelius Wenda, mendukung dan memberikan apresiasi kepada pengurus UKM KMK USTJ, bagaimana sudah bisa melihat situasi-situas sehingga mendapatkan masukan serta solusi sebagai bahan solusi di tanah Papua,”katanya.

“Kami harapkan, diskusi ini bukan hanya di USTJ saja. Tetapi,  Perguruan Tinggi lainya, juga perlu dilakukan dengan melihat kondisi yang terjadi di tanah Papua,”pungkasnya.

Kata wenda, pimpinan USTJ Rektor, juga sangat mendukung dengan  kegiatan-kegiatan mahasiswa lebih banyak mengadakan semiar menyangkut sesuai dengan jurusan yang ditempu dan kondisi yang terjadi di Papua,”jelasnya.

Untuk besok,pihakanya mengajak, kami sangat mengharapkan kehadiran rekan-rekan untuk dapat mengambil bagian dalam dikusi besok,”tutupnya.(Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mahasiswa/I USTJ Akan Gelar Diskusi Narkoba dan Miras