BREAKING NEWS
Search

PEMDA Kab. Intan Jaya Resmikan Asrama Putra Intan Jaya di Jayapura


Bupati Kab. Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS,.MSi
Menandatangani Papan Nama,Asrama Putra
Intan Jaya
(Foto: Alexander Gobai/KM)
Jayapura, (KM)---Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS,  MSi berserta wakilnya meresmikan asrama Putra Intan Jaya Permanen  di Jayapura, Senin, (02/11/15) kemarin di Expo, Waena, Jayapura, Papua.

Ketua Panitia, Rupinus Japugau, menuturkan rasa syukur da terimakasih kepada Pemda yang telah hadir dan meresmikan Asrama Intan Jaya ini,”tuturnya.

Bupati Kabupaten Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS, MSi, dalam Sambutannya menuturkan latar belakang adnaya asrama Intan Jaya, bahwa, tanah  yang dibangun asrama ini adalah milik dari mahasiswa intan jaya itu sendiri,”katanya.

“awalnya, tanah ini, kami mau membeli agar menjadi milik kita, disaat  saya masih mahasiswa juga. Semenjak itu, kami melakukan sebuah upaya untuk medatangkan dana,  salah satunya, sumbang-sumbang hingga kami membeli tanah ini. Wujudnya itu,  tanpa ada bantuan dari pihak pemerintah dan swasta, seperti Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komaoro (LPMAK). Tetapi, itu bukan menjadi masalah bagi kami, “jelasnya.

Untuk itu, kata dia, karena mahasiswa punya tanah dan asrama milik aset Pemda ia merasa bersyukur karena ia sendiri yang meresmikannya,”pungkasnya.

“oleh karena itu, asrama ini harus dijadikan tempat hidup, belajar dan bersyukur kepada Tuhan,”bebernya.

Ia menjelaskan, asrama ini jangan dijadikanhanya milik satu marga dan satu gereja itu sendiri. Tetapi, asrama ini dimilik 4 suku yang berasal dari kab, intan Jaya,”jelasnya.

Maka itu, asrama  ini, harus menjadi contoh dari kabupaten lain. Konsisi seperti ini, kita juga sama-sama membangun daerah dan mendorong peniningkatan rakyat. Artinya,  jadnga lagi terjadi koban antara satu sama lain, salah satunya sepeti masalah mahasiswa  ributan dengan pemda Intan Jaya,”ujarnya.

Terkait biaya asrama, peralatan dan perlengkapan asrama ini, adalah tanggungjawab pemerintah,”katanya.

Ia berharap, di tahun 2016, akan dibangun asrama putri intan jaya permanen,"ungkapnya.

Kata dia, peresmian asrama ini merupakan  salah satu wujud dari  visi intan jaya, yakni intan jaya pintar,"katanya.

“arah visi dan misi intan jaya pintar. Tidak bisa dihitung dari sisi pendidikan dan kesejahteraan saja. tetapi, juga dilihat dari pembangunan yang menjadi titik fokus,”jelasnya.

Kata Tabuni terkait bantuan Pendidikan bahwa, selama ini, bantuan tidak selalu hadir tiap tahun. Karena Dana TA itu bersifat fakultatif. Artinya, dana iitu boleh ada dan tidak,”pungkasnya.

Lanjutnya, mulai terbentuk kabupaten Intan Jaya di tahun 2008 hingga kini, seakan-akan kabupaten telah menjadi dosa asal hingga taka da pembangunan yang jelas, itu hal buuk,”tuturnya.

“memperbaiki itu, ia mangajak, semua program yang dilakuakn berdasarkan pembangunan demi meningkatkan berdasarkan Indeks Pembanuguan Manusia (IPM),”katanya.

Ia mengaku, pembangunan Kab. Intan Jaya  terlambat dalam bentuk transportasi dan komunikasi baik darat dan udara,”katanya.

“itu mengakibatkan kenaikan harga barang, terlebih pada semen dan kayu. Dalam hal ini, untuk mewujudukan pembangunan kabupaten Intan Jaya,”pungkasnya.

 “kami dari lembaga-lembaga adat, Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) dan tokoh-tokoh adat, dll, selalu berusahan bekerja sama untuk melindungai agar tidak  terjadi pengobrnan antarmahasiswa dan masyarakat,”katanya.

Ketua Badan Pengurus Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Intan Jaya (BP IPMJ) Se-kota Studi Jayapura, Dominikus Dondegau, mengatakan, saya mewakili mahasiswa/I Intan Jaya Sejayapura merasa bersyukur kepada Tuhan atas berkatnya, akhirnya, Pemda Kab. Intan dapat meresmikan asrama Intan Jaya dalam keadaan yang luar biasa,”ucapnya.

“oleh karena itu, ia juga berharap Pemda, harus mendukung kerja kita berupa finasial dan material,”katanya.

Tambahnya, asrama sudah  ada. Namun, ada beberapa fasilitas asrama masih dibanahi di asrama ini, seperti komputer, printer, infokus dan wife di asrama ini,”katanya.

Ia berharap, asrama putri juga harus dilakukan dalam waktu tempo. “karena dengan tidak adanya asrama seperti itu, mereka masih tinggal di kontrakan-kontrakan,”jelasnya.

“kontrakan yang ditempati itu juga sedang mengalami masalah. Masa kontrakan dalam beberap bulan kedepan akan habis, maka, Pemda perlu melihat hal itu juga, “pintanya.

Terkait dana TA, kata dia, 32 mahasiswa/I intan jaya sampai kini belum mendapatkan dana TA dalam tahun 2015 ini. sementara mahasiswa lainya, sudah mendapatkan,‘tagasnya.

Pihakya berharap, Pemda dan Mahasiswa harus selalu terjalin komunikasi yang lebih baik, bukan komunikasi di antara satu kota studi saja. melainkan,mahasiswa intan jaya se-indonesia,”harapnya.

Pembina Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Intan Jaya (IPMJ) Sejayapura, Yulisu Miagoni, menjelaskan, perlu meningkatkan, prestasi dan skil yang dimiliki oleh masing-masing mahaiswa intan jaya,”tandasnya.

“hal itu menjadi salah satu modal untuk meningkatkan sumber daya manusi yang profesional,”kataya. (Alexander Gobai/KM)
 



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PEMDA Kab. Intan Jaya Resmikan Asrama Putra Intan Jaya di Jayapura