BREAKING NEWS
Search

Ini Tuntutan Koalisi Peduli Korban Sawit Nabire Pada PT. Nabire Baru

Spanduk Tuntutan dari Koalis Peduli Korban Sawit Nabire, Rabu, (24/02/16). (Foto: Alexander Gobai/KM)

Jayapura, (KM)---Koalisi Peduli Korban Sawit Nabire, Forum Independen Mahasiswa (FIM) dan Forum Peduli Papua (FPP) Sejayapura, Papua gelar aksi di PTUN, Jayapura, segera mencabut Surat Keputusan (SK) tentang Izin Usaha Perkebunan  (IUP) No. 142  untuk kelapa sawit di tanah adat Yerisiam, Nabire, Papua.

Koordinator aksi dari Forum Independen Mahasiswa (FIM), Alexander Mujijau, mengatakan, selama PT. nabire baru beroperasi di Nabire tepat di tanh adat Yerisiem. Banyak  pengahasilan dan alam sudah dibabat habis. Masyarakat mau mendapatkan hasil kekayaan mereka dari mana,”jelasnya.

“untuk itu, kami sangat menolak, PT.Nabire baru untuk berpoperasi lagi di tanah adat Yerisiam,”tegas Koordinaror Aksi dari FIM, Alexander Muijijau, kepada kabarmapegaa.com, (24/02/16).

Selain itu, kata dia, segera mencabut SK tentang Izin Usaha Perkebunan (IUP) No. 142 yang diberikan izin dari Bas Suebu dan Konstan Karma,”katanya.

“karena berdasarkan SK yang disetuji oleh kedua pejabat itu, akhirnya PT. Nabire beroperasi,”katanya.

Makanya, kami menghasilkan  empat tuntutan kami dari Koalisi Peduli Korban Kelapa Sawit di Nabire agar PT. Nabire baru dicabut:

  1.  Gubernur Papua segera cabut SK IUP No. 142 PT. Nabire baru. Karena membawa penderitaan bagi anak cucu suku Yerisiam.
  2.  PT. Nabire baru segera angkat kaki dari tanah adat suku Yerisiam
  3. ]Selamatkan wisata alam dunia, biota laut, Hiu dan Paus di Yerisiam Wami, dari ancaman limba PT. Nabire baru.
  4. Mendukung penuh masyarakat adat suku Yerisiam atas penolakan PT. Nabire baru.

(Alexander Gobai/KM)







nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ini Tuntutan Koalisi Peduli Korban Sawit Nabire Pada PT. Nabire Baru