BREAKING NEWS
Search

Sulitnya Berperilaku Netral

(Duk.Penulis/KM)
Oleh : Petrus Yatipai

Opini,(KM) --- Zaman ini boleh saja dikatan zaman serba ada, yang terus berkembang secara pesat, membuat manusia berbelok arah dari posisi semulanya. Kondisi  ini membuat orang dimana-mana, sulit untuk berpikir secara netral dan susah menunjukkan kebulatan tabiat pribadinya secara terbuka.
Bicara tentang Berperilaku netral, berarti, posisi seseorang selalu ada dan berdiri digaris yang tengah dalam situasi apapun itu bentuknya. Masa pradaban yang kian canggih kelihatannya, membuka pola pikir seseorang untuk terus berganti posisi hidupnya. Banyak motode akan digunakan manusia, hanya untuk meraih dan mewujudkan impian egonya.hal-hal itu membuat sulitnya manusia berpikir dan bertindak sesuai status yang dimilikinya secara polos.
Mutlaknya, setiap person perlu berpikir sesuai batasan-batasan yang ada. Artinya bahwa, setiap langkah hidup munusia, jelas ada titik finishnya. Sebelum sampai pada titik itu,langkahi setiap tahapan secara arif, biar setiap pijakan yang dilewati ini, sangatlah bermakna. Didalam setiap langkah kakinya, perlu diwarnai dengan benih-benih kebaikan, biar disuatu kelak, dapat memanennya, dalam keadaan yang awet dan berlimpah.
Realita dizaman ini, ketika seseorang atau sekelompok orang menyelesaikan suatu pertikaian dirana hukum, jelas-jelasnya bahwa, yang akan dibenarkan dan dimenangkan dalam sengketa itu adalah dipihak yang memiliki banyak duit. Kasus-kasus semacam itu, membuat konflik social setanah air terus melonjak hanya karena masalah penegakan hukum yang selalu memihak dilapangan.
Kelembagaan manapun, nilai kejujuran alias kenetralannya itu, semakin merosot. Ketika manusia tidak mengenal nilai-nilai positif, maka yang ada didalam benak adalah berpikir untuk “Banyak main dibelakang layar”. Perlu ada komitmen diri untuk membangun motivasi dari akar kehidupan setiap individu menuju pemulihan jiwa yang sehat.
Keadilan sangatlah dibutuhkan, agar semuanya berjalan setara tanpa sedikit intervensi dari pihak mana pun, untuk menjaga keselarasan, dibutuhkan tindahkan secara fakta biar hidup menjadi sewarna.
Penulis adalah Mahasiswa Papua kuliah di Manokwari Papua Barat


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sulitnya Berperilaku Netral