BREAKING NEWS
Search

Daun Kering



Foto FB sampul pribadi,Noak Yogi,KM

Karya : Noak Yogi

Aku kering bukan karena tua
Aku kering bukan karena tak guna
Aku kering bukan karena panas matahari
Aku kering bukan karena tak mampu beradaptasi
Aku jiwa yang besar
Aku mampu menghasilkan napas bagi manusia
Aku terpenting bagi dunia
Aku terdepan bagi tumbuhan

Aku jatuh
Aku sakit
Aku menderita
Aku tak ada nyawa

Karena..!!

Belum memberi Aku makan
Belum memupuk Aku
Belum memelihara Aku
Dayaku kurang
Lawanku banyak
Jiwaku lemah
Aku mati tetap mati
Aku tak hidup lagi

Kelebihan-Ku

Aku matipun
Aku tetap berguna
Akulah penyegar
Akulah penyubur
Akulah pemupuk
Namaku mati
jiwaku berfungsi

Pesang : 

Daun kering yang jatuh dari pohon tak mungkin hijauh lagi,sehingga pemikiran manusia adalah sebagai benda kering dan tak ada gunanya, tetapi daun yang kering itu banyak fungsinya. Saat daun segar ia mampu memberikan oksigen kepada manusia, mampu menahan polusi udara, mampu menyejukkan alam sekitar. Saat ia kering dapat berfungsi sebagai pupuk,kompos dan bahan kreaktif lainnya bagi manusia.

Hal ini sama dengan kehidupan manusia. Kadang dalam hidup kita sering meremehkan manusia yang tak mampu atau di lihat kecil badan-Nya. Kalau dilihat lebih jauh manusia seperti itu yang dapat di gunakan karena kelebihan dan kemampuan yang tinggi. Maka itu, mari kita  belajar dari daun kering yang tak berguna di mata manusia tetapi sangat bermanfaat  bagi dunia. (KM)

Editor : Anselmus Gobai

Penulis puisi adalah mahasiswa Kuliah di Papua

Daun yang jatuh dari pohon tak mungkin hijauh lagi ( Sumber ,www.google.com,Umagi,KM)



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Daun Kering