BREAKING NEWS
Search

Dukung ULMWP: Mahasiswa Papua Gelar Aksi di Yogyakarta Berakhir Bentrokan



Aspirasi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Yogyakarta, Photo/KM/2016/

Yogyakarta (KM)-- Mahasiwa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) koor. Yogyakarta gelar aksi untuk mendukung ULWP menjadi Anggota Penuh MSG di Jalan Raya depan As.Mahasiswa Papua Kamasan 1 Yogyakarta (14 Juli 2016).

“Mahasiswa dengan sepenuhnya menyampaikan aspirasi mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG”.

Dalam orasinya ,Yesaya Goo, menyampaikan Kami Bangsa Papua mulai dari yang hidup hingga tulang belulang Bangsa papua, mengutuk pembungkaman ruang demokrasi.

Lanjut Dia, kami aspirsikan hal ini di tanah Jawa bukan di Papua, yang benar-benar memahami dan membuat segala bentuk hukum dan aturan yang ada di negara ini, temasuk menyampaikan aspirasi Bangsa Papua. Kami bukan lakukan hal ini sekali saja, namun berkali-kali menyampaikan kerinduan Bangsa Kami di jalan-jalan dan hal itu seluruh komponen Masyarakat Yogyakarta mengetahuinya.

Bentrokan Polisi dan Mahasiswa di Yogyakarta, Photo/KM/2016
Berjalannya penyampaian aspirasi AMP,  kisaran lima menitan kemudian, seketika, Polisi memadati ruang demokrasi Mahasiswa, dan terjadi bentrok antara Polisi dan Mahasiwa di karenakan  adanya pemaksaan Polisi Mendorong Aksi Mahasiswa.

Pantauan media ini, Polisi melebihi '2/3' dari  jumlah Mahasiwa Papua. Dan lanjutannya, Baju berseragam hitam “Brimob” datang memenuhi tempat aspirasi Mahasiswa, dengan membawa senjata lengkap dan menyebar secara tiba-tiba untuk menyerang mahasiswa.

Di sela-selat itu, sala-satu aspirator, Marchelino Yogi, mengayungkan perkataanya sambil melindungi dorong-mendorong Mahasiswa dan Polisi, jangan terpropokasi dengan tindakan militer ini, kami bukan melawan mereka tapi Kami melawan Sistem Mereka yang menewaskan banyak Orang Papua, kini kita harus bersuara menyampaikan keluh-kesa Kami kepada negara ini supaya negara ini bertobat.
Mahasiwa diusir babak-belur oleh Militer dari Ruang Demokrasi, Photo/KM/2016/

Berjalanya aksi, Roi Karaba, dengan melihat situasinya rusuh, intruksikan untuk kembali di halaman Asrama, dan berkata "kami kembali bukan karena kami takut dengan satuan militer Indonesia, tapi kami kembali karena kami tahu aturan dan ini sebagai tanda bahwa kami mendukung ULMWP supaya Indonesia tahu, Mahasiswa Papua di yogya juga bersuara mendukung ULMWP jadi Anggota Penuh MSG.

“Dalam aksi ini terjadi saling pukul-memukul antara Polisi dan Mahasiwa Papua, namun tidak ada korban tewas”

Selajutnya, bacakan peryataan sikap oleh koordinator aksi,  Steven Walela,  di tengah masa aksi yang menyatakan:
1. Mendukung KTT MSG di Honiara
2. Mendukung ULMWP menjadi Anggota Penuh MSG
3. Mengutuk Pelaksanaan PEPERA 1969 di Tanah Papua

Pewarta: Kadepa Agust





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Dukung ULMWP: Mahasiswa Papua Gelar Aksi di Yogyakarta Berakhir Bentrokan