BREAKING NEWS
Search

Ini Pernyataan Sikap Tolak Kelapa Sawit dan Transmigrasi dari KOMPEKSTRAM

Koalisi Mahasiswa, Pemuda dan Pelajara Maybrat, Sorong, Papua Barat Menolak Program Pemda
Dalam Hal Ini, Program Kelapa Sawit dan Trasnmigrasi. (Foto: Dok Romario Yumte/KM)

Sorong, (KM)---Koalisi Mahasiswa, Pemuda dan Pelajar Tolak Kelapa Sawit dan Transmigrasi di Maybrat  (Kompekstram) telah meriliskan beberapa pernyataan sikap mereka sebagai bentuk penolakan Perusahaan Kelapa Sawit dan Trasmigrasi yang telah menjadi program dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maybrat, Sorong, Papua Barat.

Pernyataan yang dirilis itu, pada saat dilangsungkan Aksi Demo Damai di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, pada tanggal 20 Juni 2016 bulan lalu.

Koordinator Umum, Kompekstram, Mario M Yumte, meriliskan dan menyatakan bahwa demi memperjungkan serta menyelamatkan hutan dan manusia Papua secara umum dan Maybrat secara khusus terutama generasi muda Maybrat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kebudayaan, keadilan dan kebenaran.

Maka dengan ini, kami tim KOMPEKSTRAM dengan tegas menyatakan bahw:

1.   Mentri kehutanan segera mencabut SK. No 41/II/2011 tentang pelepasan hutan adat milik masyrakat adat setempat yang di pakai sebagai lahan perkebunaan kelapa sawit.

2.   2. Gubernur papua barat segera mencabut ijin usaha perkebunan (IUP) No. 522/90/II/2011 tentang perkebunaan kelapa sawit.

3.   Pemeritah kabupaten maybrat segera mencabut ijin usaha perkebunaan (IUP) kelapa sawit dari PT Austindo nusantara jaya yang beroperasi di kampung Womba distrik Aifat Timur Selatan dan kampung Susumuk distrik Aifat Tengah.

4.   Kami dengan tegas menolak program pemerintah kabupten maybrat dalam hal ini kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi yang mendatangkan transmigrasi local dengan jumlah 150 Kepala Keluarga di wilayah Aifat Timur kampung Aisa.

5.   Kami masyarakat Aifat Timur Raya, Menolak dengan tegas, pembukaan lahan perusahan atau perkebunan diatas Tanah kami muara kali AISAWIAT atau KAMUNDAN yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Maybrat. Maka, dengan ini koalisi mahasiswa, pemuda dan pelajar maybrat menolak dengan tegas transmigrasi dan perkebunaan kelapa sawit di wilayah kabupaten maybrat. 

Berita terkait: http://www.kabarmapegaa.com/2016/07/di-maybrat-pemuda-dan-pelajar-kembali.html

Pewarta    : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ini Pernyataan Sikap Tolak Kelapa Sawit dan Transmigrasi dari KOMPEKSTRAM