BREAKING NEWS
Search

Intan Jaya: Jalan Menuju Cartenz, Pempus, Prov dan Daerah, Diminta Harus Ada Kerjasama

Wisata Gunung Cartenz (Foto: Ist)
Jayapura, (KM)---Jalan menuju wisata gunung cartenz di Kabupaten Inta Jaya, Papua, sudah berapa tahun belum ditetapkan beberapa aturan sebagai kesepakatan dan perjanjian ataupun kerjasama dengan pihak-pihak yang berwenang.

Hal tersebut, masyarakat adat di kabupaten setempat sangat mengharapkan pihak-pihak yang berwenang, seperti Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Daerah untuk membuat Perjanjian Kerjasama (MoU) terhadap masyarakat adat. 

Hal ini disampaikan, Melianus Wandagau sebagai Pemilik Hak Ulayat Gunung Mbainggela (Cartenz) di Yokatapa, Intan Jaya, Minggu, (17/07/2016). 

Menurut dia, sebelum adanya kesepakatan antara pihak yang berwenang. Maka, pihaknya mengaku kami akan  melakukan tindakan yang buruk kepada wisatwan yang hendaknya mendaki gunung cartenz. 

“Untuk itu, diharapkan segera membuat sebuah perjanjian kerjasama (MoU) yang jelas dan adil. Agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan antara pihak masyarakat dan pemerintah,”jelasnya.

Sementara itu, Matius Pujau, yang juga sebagai Kepala Suku Pouguni, senada dengan Wandagau, mengatakan pihak-pihak yang terkait segera buat MOU. Supaya Wisatawan Manca Negara bisa jalan dengan aman menuju gunung Cartenz.

“Sebelumnya, harus membuat MoU duluh. Agar wisatawan manca Negara bisa masuk ke menuju gunung cartenz,”jelasnya.

Pewarta    : Daniel Hagimuni

Editor        : Alexander Gobai




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Intan Jaya: Jalan Menuju Cartenz, Pempus, Prov dan Daerah, Diminta Harus Ada Kerjasama