BREAKING NEWS
Search

KAAP Kembali Sikapi Tahapan Rekrutmen 14 Kursi Anggota DPRP Jalur Otsus

Logo Kesatuan Anak Adat Papua
Jayapura, (KM)—Kesatuan Anak Adat Papua (KAAP) Provinsi Papua, menyikapi kembali tahapan rekrutemen 14 kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Jalur Otonomi Khusus (Otsus) di Papua.

Rekrutmen ini sudah masuk pada tahapan verifikasi administrasi/faktual serta seleksi wawancara, pertimbangan MRP dan telah menyisahkan 42 nama untuk kemudian akan di lanjutkan dengan pertimbangan Gubernur Papua untuk menetapkan 14 nama yang akan di tetapkan sebagai anggota DPRP Papua.

Demikian Dikatakan, Ketua Kesatuan Anak Adat Papua (KAAP) Provinsi Papua Fransiskus Magai,  Melalui  Pers Release yang diterima, Kamis, (14/07/16).

Kata dia, melihat Daftar Calon Tetap (DCT) yang lolos 42 besar, ternyata di dalamnya masih terdapat nama para mantan anggota DPRP yang tak lolos pada Pemilu Legislatif tahun 2014 lalu.

Lanjutnya, ada juga nama-nama yang masih aktif sebagai anggota partai politik nasional. Dan juga ada nama yang dinyatakan lolos tidak sesuai dengan penempatan wilayah adat.

Semestinya, magai mencontohkan, 9 nama yang lolos di Dapeg Meepago, ada marga yang bukan anak Meepago.

“Maka, kami dari KAAP, mendesak kepada Panitia Seleksi Provinsi Papua Calon Anggota DPRP jalur Otsus Papua dan kepada Gubernur Papua yang akan memberi pertimbangan untuk kemudian di tetapkan 14 nama yang akan di angkat jadi anggota DPRP jalur Otsus,”ungkapnya.

Dilakuakan hal  demikian, kata dia, agar penerimaan 14 kursi anggota DPRP jalur otsus ini selektif dalam menentukan dan memutuskan 14 nama yang akan di angkat sebagai anggota DPRP jalur Otsus.

Sementara nama-nama kalah politik saat pemilih legislatif 2014 lalu. Dan nama-nama  yang masih bergabung  sebagai partai politk. Mereka ini, diharapkan untuk digugurkan. 

Lanjutnya, yang dinyatakan lolos seleksi 42 besar namun tidak sesuai dengan penempatan wilayah adat diharapkan juga tidak diloloskan.

“Karena 14 kursi anggota DPRP jalur Otsus harus dijabat oleh orang-orang yang murni repersentatif adat, yang bukan anggota partai politik, dan bukan para mantan DPRP yang pada Pemilu Legislatif 2014 tak lolos menjadi anggota DPRP,”tegasnya.

Untuk itu, Apabila desakan ini tak di indahkan, kata dia,  (KAAP) dan seluruh masyarakat adat Papua akan mengadakan mosi ketidakpercayaan terhadap gubernur Papua, 

“Karena Gubernur dianggap dengan sengaja mempolitisir 14 Kursi anggota DPRP jalur Otsus yang semestinya di peruntuhkan buat mereka yang murni representatif adat,”katanya.

Tindakkan tersebut juga, menurutnya, justru menciptakan opini buruk di masyarakat adat dan ini berpotensi pada kecemburuan sosial dan tak menutup kemungkinan akan terjadi koflik sosial di masyarakat adat.

“Untuk itu, Panitia dan Gubernur Provinsi Papua diharapakan selektif dalam menetapkan 14 kursi Anggota DPRP jalur Otsus itu,”tutupnya.

Pewarta    : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KAAP Kembali Sikapi Tahapan Rekrutmen 14 Kursi Anggota DPRP Jalur Otsus