BREAKING NEWS
Search

NZ Luncurkan Petisi, Dukung Papua Barat

Selandia Baru Greens MP, Catherine Delahunty, mendorong untuk misi pencari fakta independen untuk Papua Barat. Foto: Radio. NZ/2016/

Yogyakarta (KM)---Solidaritas Papua Barat, Selandia Baru, meluncurkan sebuah petisi yang menyerukan pemerintah Selandia Baru untuk berbicara tentang hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Anggota parlemen hijau (MP) diantara Pemrotes di luar Kedutaan Besar Indonesia di Wellington hari ini, menandai kematian seorang remaja Owen Pekei pekan lalu di Nabire Papua.

"Siswa SMA yang menampilkan bendera kemerdekaan Papua Barat yang dilarang ketika ia tewas, diduga dilakukan oleh pasukan keamanan alias (TNI/POLRI)".

Seorang juru bicara kelompok ini, Catherine Delahunty, mengatakan 3000 orang telah ditangkap Mei tahun ini pada rilisan beberapa sumber.

Kelompok ini mengatakan, situasi ini menjadi persoalan utama  dengan  orang muda ditangkap karena tidak lebih, hanya bebaris secara damai (long march) atau  membawa plakat.

Kelompok ini berharap mendapatkan ribuan tanda tangan pada petisi parlemen sebelum akhir bulan Agustus untuk minindaklanjuti kebebasan jaminan dasar United Nation (UN) untuk Papua Barat agar dihormati sewajarnya.

"Kami tidak bisa diam tentang pelanggaran tersebut, kami tetap bersuara, terutama dalam waktu dekat dengan perjalanan Perdana Menteri ke Indonesia," kata Ms Delahunty.

Sumber: Radio NZ

Translator: Kadepa Agust



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “NZ Luncurkan Petisi, Dukung Papua Barat