BREAKING NEWS
Search

Masyarakat Biak Numfor dan Supiori Tolak Pembangunan Pangkalan Militer

 
Saat Orasi didepan Kantor DPRP. (Antara.Ist)
  Jayapura, (KM)- Masyarakat Biak Numfor yang tergabung dalam Forum Peduli Kawasan Biak Papua (FBKBP) mengadakan aksi damai   , Senin (23/08) di Jayapura, Papua. Dalam aksi tersebut mereka menolak rencana pembangunan pangkalan militer di Indonesia Timur karena sampai saat ini tidak dikoordinasikan dengan warga setempat.
Jhon Mandibo, selaku koodinator umum  dan  Penanggungjawab aksi demo damai , tadi siang pukul 14:30 WP, kepada  Kabar Mapegaa,  bertempat  depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat  Provinsi Papua (DPRP) mengatakan, Pembangunan Pangkalan Militer  tersebut, tanpa  ada koordinasi antara pihak militer dengan masyarakat Biak selaku pemilik hak ulayat.
“kami Rakyat Papua Pada umumnya dan pada khususnya masyarakat adat Kabupaten Biak Nunfor dan Kabupaten Supiori , sama sekali tidak membutuhkan Pembangunan Pusat Pangkalan Militer di kedua kabupaten tersebut,” katanya saat diwawancara media ini, siang tadi.
Menurut Jhon, Rakyat Papua dan Khususnya Masyarakat Adat Kabupaten Biak Dan Kabupaten Supiori  tidak membutuhkan pangkalan Militer, yang dibutuhkan masyarakat setempat saat ini adalah   Pangkalan Sumber Daya Manusia (SDM) ; Pangkalan Kesehatan ; Pangkalan Ekonomi Rakyat Papua dan Pangkalan Pembangunan di Seluruh Tanah Papua.,” tegasnya
Pembangunan pangkalan militer Indonesia Timur, Lanjut Jhon,  di Kabupaten Biak dan Supiori  akan memberikan dampak negatif dan akan  membungkam kebebasan kehidupan masyarakat.
Sementara itu,  Ketua Dewan Adat Biak,  Perwakilan wilayah adat Mamta,  Yason Arwam, mengatakan , dimana ada tanah atau lahan itu adalah milik orang yang tinggal di daerah atau tempat itu sendiri. Sehingga tanah yang ada di Kabupaten Biak Nunfor dan Kabupaten Supiori adalah milik masyarakat di sana.
“Untuk itu kami minta,  Sebagai Dewan perwakillanl Rakyat Papua (DPRP) segera bentuk TIM PANSUS untuk  menanggapi  hal ini. Ini masalah serius,” tegasnya
Kemudian DPRP, Orgenes Wanimbo, wakil ketua, Komisi I mengaku pihaknya telah membicarakan hal tersebut sebelum masa aksi demo di kantor DPRP.
“Kami DPR papua  sudah membahas satu hari yang lalu, menyangkut Tanah di Biak, Jayapura dan Wamena,” katanya
Dalam waktu yang dekat ini, lanjut Wanimbo, satu atau dua minggu  kedepan ini pula Kami DPR Papua,  siap membentuk TIM PANSUS untuk menangani Persoalan ini.

Pewarta: Hagimuni

Editor :Manfred Kudiai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Masyarakat Biak Numfor dan Supiori Tolak Pembangunan Pangkalan Militer