BREAKING NEWS
Search

40 Peserta Selaku UMKM Kabupaten Dogiyai Ikut Pembinaan

Kegiatan Pembinaan Industri Rumah Tangga, Industri Kecil Dan Menengah Yang Dilaksanakan Oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (DISPERIDAKOP) Kabupaten Dogiyai


Dogiyai, (KM) --- Sebanyak 40 Peserta selaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Dogiyai Ikut Kegiatan Pembinaan Industri Rumah Tangga, Industri Kecil Dan Menengah Yang Dilaksanakan Oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (DISPERIDAKOP) Kabupaten Dogiyai, Diaula Pemerintah Daerah (PEMDA) Pada Rabu,(07/09/2016) lalu.

Selain selaku UMKM, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh SEKDA Kabupaten Dogiyai, Natalis  Degei, Tokoh peritis koperasi kopi St.Isodorus, Yayasan P 5 ir.Didimus Tebai sebagai pemateri, perwira penghubung TNI Yonatan bunai, perwira penghubung POLRI, KAPOLSEK Moanemani, DANRAMIL Moanemani,Pimpinan Bank Papua kcp Moanemani. 

Dalam sambutan bupati yang diwakili oleh SEKDA Kabupte Dogiyai, Natalis Degei menyatakan bahwa, Pembinaan tersebut awal dari kebangkitan UMKM yang ada di kabupaten dogiyai menuju masyarakat mandiri, sejahtera dan berkesinambungan dan pada akhirnya dapat meningkatkan perkonomian daerah yang ditopang oleh sektor industri UMKM. 

Masyarakat Yang Mandiri Berarti Kita Harus Mengurangi Ketergantungan Atas Barang Dan Jasa Yang Berasal Dari Luar Papua, Hal Ini Ditopang Dengan Kemampuan Kita Untuk Menghasilkan Produk Sendiri. Kita Harus Lebih Mendorong Sektor Produktif Ketibang Sektor Konsumtif. Jelasnya.

Seperti yang dikatakan Sekda Degei, senada juga diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (KADISPERIDAKOP) Kabupaten Dogiyai, Andreas Gobai, Keunggulan yang ada di dogiyai perlu kembangkan, karena menurutnya, kebanyakan warga yang komsumtif selama ini terhadap barang-barang impor dari luar daerah.

Seperti ia mencontohkan bawang merah, rica dan hasil pertanian lainnya saja di impor apalagi hasil industri lainnya.

Ia juga mengajak, masyarakat jangan berpikir lebih jauh, terlebih dahulu lihat dari depan kita, yakni kopi, petani kopi di kabupaten dogiyai kembali ke kebun, menanam pohon kopi di masing-masing kampung. Tuturnya. 



(Agustinus Keiya)








nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “40 Peserta Selaku UMKM Kabupaten Dogiyai Ikut Pembinaan