BREAKING NEWS
Search

Gr. Sam Gobay: Pendidikan Adalah Bagian dari Nafas Hidup

Tokoh Pemuda Peduli Pendidikan di Wilayah Meepago, Gr. Sam Gobay, SE (Foto: Dok/KM)

Jayapura, (KM) --- Salah satu tokoh pemuda peduli pendidikan di Wilayah Meepago, Papua, Gr. Sam Gobay, SE mengatakan membangun pendidikan yang bertaraf menumbuhan nilai-nilai budaya sangatlah penting. pasalnya,  sebab pendidikan adalah bagian dari nafas hidup yang mengikuti naik-turun detak jantung hidup manusia. 

“Jadi, untuk mewujudkan hal demikian, tiap lini kehidupan manusia harus jadi satu. Dilakukan hal ini, guna mengurangi terjadinya kemiskinan, penggangguran dan ketimpangan lainnya di tanah Papua,”kata Gobai, kepada kabarmapegaa.com, Jumat, (09/09/16) melalui Via Telefon.

Kalau tidak dilakukan seperti itu, menurutnya, kemiskinan, penggangguran, ketidakadilan dan kebohongan akan merajelalah di tanah Papua. 

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pihak-pihak yang berwenang diantaranya, pemprov, pemda harus merancang pendidikan yang bertaraf nilai-nilai budayanya masing-masing dari kampung-kampung. Jangan mengukuti pendidikan yang budayanya dari luar Papua.  

“Sehingga, moril dan fisik dari seseorang itu yang menerima pendidikan itu dapat menerima pembinaan dan didikan itu dengan baik dan benar,”mintanya.

Selain, Pemprov dan Pemda mendukung pendidikan agar menjadi nomor satu di tanah Papua. Tapi juga, kata dia, gereja pun harus terlibat untuk mendukung pendidikan agar diajarkan nilai-nilai kebenaran itu.

“Gereja jangan tinggal diam. Tapi, punya kapasitas untuk mendorong pendidikan yang sehat agar penerima pendidikan merasakan pendidikan yang sehat juga,”ungkap Gobai yang juga sebagai Ketua Yayasan Pengembangan dan Pelayanan Sosial Aweida (YAPPSA) Papua itu.

Terpisah, Wakil Presiden Mahasiswa (Wapres) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Papua Malvin Yobe, mengatakan, pendidikan sangat penting, guna mengatasi ketimpangan, salah satunya.

Menurutnya, salah satu bukti lemahnya pendidikan ialah generasi sudah masuk di taraf pemiras da Narkoba.

Ia berharap, pemerintah provinsi dan dalam hal ini dinas pendidikan dan pengajaran perlu menata pendidikan yang lebih baik agar mengurangi ketimpangan di atas pendidikan yang sedang berjalan ini.

Pewarta    : Alexander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Gr. Sam Gobay: Pendidikan Adalah Bagian dari Nafas Hidup