BREAKING NEWS
Search

Jubir ULMWP: Bagi Selebaran Demo Damai, 21 Orang Papua Ditangkap, 1 Disiksa

Benny Wenda, Jubir ULMWP dan pimpinan Free West Papua Campaign. Foto: Ist.

London, KM -- Benny Wenda, juru bicara (Jubir) The United Liberation Movemment for West Papua (ULMWP), juga pimpinan Free West Papua Campaign, menjelaskan, ada 12 orang Papua di Yahukimo ditangkap dan 1 orang disiksa hanya karena menyebarkan selebaran ajakan demonstrasi damai.

Demonstrasi damai dimaksud diprakarsai dan dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) untuk digelar pada 19 September 2016.

Berikut release resmi Jubir ULMWP:

Kemarin jam 8:00 di pagi hari, sebanyak 21 Papua orang, laki-laki, perempuan, dan anak-anak dilaporkan ditangkap oleh polisi Indonesia di Yahukimo, hanya karena penyebaran selebaran guna mengundang orang untuk demonstrasi damai.

Seorang pria berusia 26 tahun mencoba untuk bernegosiasi tapi disiksa secara brutal oleh polisi Indonesia. Menurut laporan, ia dipukuli dengan senjata, karet dan tali rotan di dahinya, di tulang belakang dan tulang rusuk. Ada juga laporan bahwa orang Papua lainnya (di tempat yang sama) ditembak dan disiksa. Ini menghancurkan hati saya, saat mendengar tindakan yang sedang berlangsung seperti ini, brutal, ekstrim dan kesadisan terhadap orang-orang saya.

Berikut cuplikan video aktivis Papua yang melarikan diri dari polisi Indonesia setelah represivitas Indonesia. Video ini kemudian menunjukkan sebuah wawancara dengan orang-orang yang ditangkap dan mereka menjelaskan bahwa mereka ditangkap dan disiksa hanya karena  penyebaran selebaran. Polisi Indonesia menanggalkan baju mereka, menghancurkan sepeda motor mereka dan menyita uang dan ponsel. Setelah akhirnya dibebaskan orang-orang keluar dari tahanan, mereka langsung ke hutan untuk merekam pesan lewat video ini bagi dunia untuk melihat.

Saya berharap bahwa orang sebanyak mungkin mendengar tentang cerita baru ini: kebrutalan di wilayah Papua jajahan Indonesia hari ini. Jenis demokrasi apa yang dipakai Indonesia saat orang Papua ditangkap dan disiksa hanya karena membagi selebaran untuk demo damai?

Orang-orang berani ini hanya ingin mengajak yang lain (melalui selebaran) untuk bergabung dalam demonstrasi damai pada 19 September untuk menunjukkan dukungan rakyat Papua untuk negara-negara Pasifik  yang mendukung Papua Barat dalam perjuangan memeroleh hak dasar kami untuk menentukan nasib sendiri.

Ada juga kejadian serupa di kota lain, dilaporkan bahwa ada orang Papua dihentikan oleh polisi Indonesia hanya untuk membagikan selebaran undangan serupa di ibu kota Port Numbay /Jayapura.

Ini bukti bahwa pemerintah Indonesia menjadi semakin takut atas dukungan internasional yang terus berkembang dan solidaritas untuk kebebasan Papua Barat. Di Papua Barat, polisi dan militer Indonesia yang menyiksa dan membunuh orang Papua Barat tidak pernah dibawa ke pengadilan.

Tapi mereka yang bertanggung jawab harus dibawa ke pengadilan. Saya ingin memberitahu dunia bahwa akan lebih banyak lagi orang Papua Barat segera ditangkap dan disiksa pada 19 September karena mereka akan mempertaruhkan nyawa mereka lagi untuk mengatakan kepada dunia bahwa Papua sangat membutuhkan dukungan internasional untuk kemerdekaan.

Kampanye Papua Merdeka Barat akan terus mempublikasikan update pada situasi seperti acara dilanjutkan pada 19 September dan hari-hari selanjutnya sehingga untuk mendapatkan informasi terbaru jangan mengikuti Kampanye Papua Merdeka Barat pada Facebook dan Twitter.

Mohon, dukung rakyat Papua Barat yang terus dibunuh dan terus berjuang untuk bebas akhirnya dari genosida dan kolonialisme Indonesia.

Free West Papua!

Benny Wenda
Pemimpin Kemerdekaan Papua Barat
Juru Bicara ULMWP

*Nama-nama dan usia mereka yang diketahui ditangkap adalah sebagai berikut: Ruben Wakla (18), Arpius Magayang (18), Yeni Mambrasa (16), Anike Mohi (22), Menu Salla (16), Elka Payage (17) , Yoas Payage (17), Anto Soll (26), Laki Balingga (17), Beto Suhun (26), Kayus Soll (27). Kemudian, Putiman Wakla (24), Yoel Soll (25) Anius Baye (23), Deko KOBAK (16), Menu Salak (17), Elimas Soll (18) dan Anto Soll (15).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Jubir ULMWP: Bagi Selebaran Demo Damai, 21 Orang Papua Ditangkap, 1 Disiksa