BREAKING NEWS
Search

Sistem Online Bagi Orang Papua

Foto Damianus Muyapa, Dok KM
Oleh: Damianus Muyapa
Opini, (KM)--- Sistem online adalah semuanya serba komputerisasi internet. Jaman selalu berubah waktu ke waktu. Jaman dulu selalu menggunakan sistem manual saja. Salah satunya adalah mau mengirimkan sebuah surat  kepada orang lain mengetik dengan mesin ketik atau menulis dengan sebuah pena. Bahkan menyampaikan sesuatu secara lisan kepada orang yang  bersangkutan harus bertatap-muka pada saat itu.

Perkembangan sistem online ini bisa mendatangkan kesulitan bagi orang yang tidak selalu mengikuti perkembangan dalam dunia  sistem komputerisasi. Apa lagi tinggal jauh dari kota, di pedalaman yang tidak ada listrik.  Tetapi  sistem online dan komputerisasi ini  sudah di terapkan pada semua bidang yang ada, baik pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, religius, dan lain-lain. Karena mempermudah pekerjaan, salah satu contoh adalah  sistem online melalui  http://www.kabarmapegaa.com. Di situ informasi apapun dapat di lihat secara online dengan menggunakan internet yang akhirnya informasi tersebut langsung di baca oleh banyak orang yang aktif dalam dunia sistem online. Selain itu, sistem online bisa mengirim opini, berita aktual, dan lain sebagainya, dan melacak sumber-sumber berita sebagai bahan referensi ketika menulis sebuah berita untuk mempublikasikan melalui  sistem online. 
         
Sistem online ini sangat bermanfaat dalam hidup, tetapi sistem ini menjadi tantangan bagi  orang papua, karena banyak  orang tidak tinggal di  kota, namun tinggal  di pedalaman yang tidak ada listrik, sehingga tidak bisa di terapkan sistem online. Maka menurut pandangan penulis ,  pemerintah harus melakukan hal-hal berikut :
  1. 1.     Pemerintah harus membangun infrastruktur agar orang papua terutama yang tinggal jauh dari kota bisa mendapat dan menerapkan sistem online. Kalau tidak di siapkan oleh pemerintah, maka orang papua yang tinggal di pedalaman mengalami kesulitan untuk menghadapi sistem online yang sedang melanda di  mana-mana ini. 
  1.  2.   Pemerintah mempersiapkan tenaga ahli untuk mengadakan pelatihan khusus untuk mempelajari tentang  sistem online agar sistem online ini dapat di pelajari dan di kuasai oleh orang papua seluruhnya. Kalau tidak menerima dan menguasai  hal tersebut berarti orang papua tetap ketinggalan. Salah satunya adalah data pokok sekolah (Dapodikdas). ( Baca ini: Dapodikdas Dan Dunia Pendidikan Di Papua).  Jika tidak punya sarana online, sekolah pedalaman akan selalu ketinggalan teknologi informasi. Apalagi sekarang telah di selenggarakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), dengan ketinggalan sarana teknologi Informasi, maka UNBK tidak akan pernah terselenggara di pedalaman Papua.

Dengan Demikian, sistem online  sudah di terapkan di mana-mana tempat, apa lagi sistem online ini sangat tantangan berat buat orang Papua, maka, Orang papua jangan melewatkan kesempatan emas yang ada ini untuk belajar, berlatih, dan terlibat dunia sistem online dari sekarang, kalau tidak aktif dalam dunia  sistem online akan  menjadi penonton bagi orang yang menguasai sistem online. Oleh karena itu, orang papua belajar, belajar dan belajar sistem online dari sekarang. Kemarin adalah pengalaman, sekarang adalah perjuangan, dan besok adalah pengharapan. Maka orang papua bisa  menjadi aktif  dalam sistem online untuk kedepan.

Penulis adalah Staf Dosen Politeknik Amamapare Timika Papua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sistem Online Bagi Orang Papua