BREAKING NEWS
Search

Itu Bagian Kehidupan Manusia


Saya berhasil dan Gagal  semua diatur oleh Tuhan (foto Doc Fb|' KM)

Oleh Noak Yogi

“Keberhasilan dan kegagalan di tentukan oleh pribadi.”

Opini, (KM)--Manusia hidup membutuhkan dua proses yang harus diterima untuk memenuhi kesempurnaan hidup. Kedua hal itu adalah keberhasilan dan kegagalan.

Dalam perjuangan banyak orang mundur bila belum mengapai rencana.  Mundur karena merasa belum bisa, belum mampu   akibat hilang semangat, atau ada semangat namun ekonomi lemah. 

Kadang akibat gagal selalu putus asa bahkan bunuh diri. Sebenarnya ini tidak masuk akal karena dengan hal kecil bisa menghabiskan nyawa. Manusia itu punya otak untuk berpikir maka itu bila gagal jangan pada posisi itu saja tetapi mencoba ke tempat lain untuk mencari perkerjaan lain. Sudah tahu bahwa manusia punya rencana tetapi Tuhan yang menentukan.

Kalau bisa berpikir  kedalam bahwa kegagalan sebenarnya membuat berpikir dewasa  dan mematangkan diri menjadi pribadi yang berguna. Bukan gagal membuat perjuangan putus dan tidak ingin berusaha bahkan menghabiskan nyawa manusia.

Penulis sendiri kegagalan selalu dialami dan merasa diri lemah dan tidak ingin berjuang, tetapi sekarang merasa bahwa kegagalan membuat diri mempersiapkan lebih matang lagi untuk mendatang.

Kesuksesan  banyak orang yang di suka karena mengapai harapan dalam hidup. Bisa dikatakan puncak dari impian tetapi namanya perjuangan tidak pada puncak tetapi sampai akhir hayat. Sukses hanya bidang itu, masih banyak  yang berlu berjuang maka jangan sombong dengan kesuksesaam kecil itu.

Kesuksesaan kecil berdampak pada lingkup kecil. Ingat di luar sana orang bersekolah sampai prof Dr. Ir, mengapa sombong dengan mendapatkan gelar D3. 

Hidup dibutuhkan tenang, sabar, damai dan memiliki nilai religi dalam perjuangan. Maka itu, kegagalan dan kesuksesaan adalah bagian dalam kehidupan manusia yang harus belajar dan bekerja dengan sabar dan tenang.

Semoga kesuksesaan dan kegagalan membawa makna yang luas untuk berpikir ke arah global. (KM)


Editor : Umagiyinagobai


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Itu Bagian Kehidupan Manusia