BREAKING NEWS
Search

KNPB Timika, Seruhkan Aksi Turun Jalan 19 Desember 2016

Seruan Aksi KNPB Timika, (Dok KNPB/KM)
Timika, (KM)--- Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika kembali menyerukan aksi demo damai pada 19 desember 2016 mendatang, aksi damai tersebut dukungan terhadap United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) masuk dalam angota full di Melanesia Speard Group (MSG) pada tanggal (20-23/12/2016) mendatang di Port Vila Vanuatu. Dan protes terhadap isi Trikora 19 Desember 1961.

Hal tersebut disampaikan, Sem Ukago, Sekjen KNPB Wilayah Timika kepada kabarmapegaa.com, Sabtu (17/12/2016), kata dia,  pada tanggal 19 Desember 1961, setelah rakyat papua mendeklarasi Negara Papua 1 Desember 1961, berumur 18 hari digagalkan oleh watak ekspansionisme dan militeristik Indonesia. kami Protes terhadap isi Trikora 19 desember 1961 Alun-alun Utara Yogyakarta diumumkan oleh Sukarno.

"Dan dia juga, menyatakan pada tanggal 20-23 Desember 2016, status keanggotaan ULMWP  akan putuskan dalam pertemuan para pemimpin negara-negara Malanesia (MSG)," beber Sem

Untuk itu, Sem menyatakan KNPB menyeruhkan kepada rakyat papua untuk turun jalan  aksi damai secara serentak untuk menyatakan sikap kami sebagai bentuk protes terhadap Trikora, serta dukungan penuh bagi ULMWP menjadi angota full MSG. 

“KNPB bersama Tim kerja ULMWP menghimbau kepada semua komponen, pemerintahan, swasta, perguruan tinggi dan pelajar serta seluruh rakyat bangsa papua yang merasa diri hitam kulit, keriting rambut segera mengambil keputusan politik untuk menentukan nasib masa depan,”ungkap Sem.

Lanjut Ukago, KNPB bersama bangsa Papua tetap akan turun jalan, untuk menyatakan sikap kepada pemerintah Indonesia. Dia mengajak semua rakyat papua mengambil bagian titik kumpul dari SP 12, SP 3, SP 2, Timika Indah, Nawaripi dan Gorong-gorong akan demo ke kantor KNPB dan PRDM Wilayah Bomberay, Jalan Sosial Timika.

Tempat yang sama, Koordinator Aksi Soon Tabuni temui media ini. Badan Pengurus KNPB telah memasukan surat pemberitahuan ijin aksi ini kepada Kapolres Timika, Intelkam Timika hari kamis lalu. Namun pihak kepolisian tidak memberikan ijn dilansir media cetak salampapua.com edisi (15/12/16) Kapolres Timika AKBP Victor D Macbon tidak memberi ijin kepada KNPB untuk aksi turun jalan.

Namun lanjut Tabuni, "penolahkan pihak kepolisihan adalah bukan hal baru setiap kali kami ajukan tetap saja tolak oleh pihak bersangkutan. Tapi KNPB sebagai media nasional bangsa papua, maka kami  tetap mediasi rakyat West Papua dalam aksi damai," ungkap Tabuni.

Sementara itu hari jumat dan sabtu pekan ini, beberapa anggota KNPB wilayah Timika membagikan seruan aksi  sekitar 3000 lembar kepada warga Timika, sekitar pukul 10.00 WP hingga 16.00 Waktu setempat di beberapa tempat, yakni SP-SP  mata jalan, setiap lampu merah, pasar baru irigasi, pasar lama dan sekitar kota Mimika

Selain itu, Tabuni mengatakan, seruan ini dibagikan kepada rakyat West Papua dan non West Papua yang ditemui,  Seruan ini tidak hanya kepada orang Papua saja, namun kami akan bagikan kepada semua manusia yang ada di Timika, baik itu kecil, besar, bapak, mama, semua akan kami bagikan agar seluruh rakyat West Papua maupun non Papua mengetahui,” ungkapnya.

Menurut Tabuni, hal ini perlu dilakukan, karena perjuangan papua merdeka harus transparan. “Bicara Papua merdeka kita tidak sembunyi-sembunyi, tetapi kita berjuang dan bicara Papua merdeka terbuka agar semua dengar dan paham,” pungkasnya.

Liputor : M. Magay
Editor : Andy-Go



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KNPB Timika, Seruhkan Aksi Turun Jalan 19 Desember 2016